Pemeriksaan Penumpang di Pelabuhan Diperketat

815
Pesona Indonesia
Polisi memeriksa barang bawaan penumpang KM Kelud yang sandar, Sabtu (16/4/2016) malam. Pemeriksaan rutin juga dilakukan di semua pintu masuk di Batam. Foto: Sandi/batampos
Polisi memeriksa barang bawaan penumpang KM Kelud yang sandar, Sabtu (16/4/2016) malam. Pemeriksaan rutin juga dilakukan di semua pintu masuk di Batam. Foto: Sandi/batampos

batampos.co.id – Polsek Kawasan Pelabuhan Tanjungbalai Karimun memperketat pemeriksaan penumpang dan barang yang baru turun dari KM Kelud, Sabtu (16/4/2016) malam. Tujuannya untuk mengantisipasi masuknya narkoba dan barang-barang terlarang yang berbahaya.

”Ini kegiatan rutin. Kali ini kegiatan pengawasan dan pemeriksaan melibatkan anggota dari Satuan Reskrim Polres Karimun. Kita berharap, jangan sampai ada narkoba dan barang yang berbahaya masuk ke wilayah kita. Apalagi, saat ini negara sudah menyatakan perang terhadap narkoba,” ujar Kapolsek Kawasan Pelabuhan Tanjungbalai Karimun AKP Krisna SIK.

Dalam memeriksa penumpang yang turun dari KM Kelud dan barang yang dibawa, kata Krisna, penumpang tidak langsung menuju ke pintu keluar. Mereka diarahkan untuk masuk ke dalam ruang pemeriksaan keberangkatan internasional.

Karena, di dalam ruangan tersebut terdapat X-ray. Pemeriksaan tidak hanya mengandalkan pemeriksaan manual saja, tapi juga menggunakan alat.

”Jika saat diperiksa menggunakan alat ada yang kita curiga, maka barang yang dibawa langsung diperiksa secara manual. Termasuk juga pemeriksaan tubuh. Selama pemeriksaan yang kita lakukan pada Sabtu malam tersebut tidak ditemukan adanya narkoba dan barang berbahaya,” jelasnya.

Dilanjutkannya, operasi ini tidak hanya di pelabuhan domestik, penumpang yang turun di pelabuhan roll on roll off (Roro) di Parit Rampak juga diawasi.

Bahkan, pemeriksaan akan terus dilakukan sebagai antisipasi masuknya narkoba dan barang berbahaya lainnya. (san/bp)

Respon Anda?

komentar