Survey Terbaru: Kepercayaan Rakyat Terhadap Jokowi Meningkat

959
Pesona Indonesia
Presiden Joko Widodo. Foto: dokumen JPNN
Presiden Joko Widodo.
Foto: dokumen JPNN

batampos.co.id – Presiden Joko Widodo kini berada dalam posisi yang cukup nyaman untuk menunaikan masa kepemimpinannya setelah melewati waktu 1,5 tahun sebagai kepala negara dan pemerintahan.

Tingkat kepuasan dan kepercayaan publik terhadap presiden yang beken disapa dengan nama jokowi itu meningkat signifikan.

Berdasarkan survei Saiful Murjani Research dan Consulting (SMRC), per Maret 2016, tingkat kepercayaan masyarakat kepada Jokowi mencapai 72 persen. “Itu artinya, kepuasan terhadapnya kembali seperti saat pertama dilantik yang mencapai 74 persen,” kata Direktur Eksekutif SMRC, Djayadi Hanan di Jakarta, Minggu (17/4).

Angka itu meningkat drastis dibandingkan pada Desember 2015 yang hanya 63 persen. Bahkan, pada Juni 2015, angka kepercayaan kepada Jokowi sempat berada di angka 55 persen.

Menguatnya kepercayaan itu dilandasi oleh kepuasan masyarakat terkait kinerja Jokowi. Dari survei itu, 59 persen masyarakat mengaku puas atas kinerja mantan wali kota Solo itu sebagai presiden.

Tak hanya itu, 81 persen masyarakat mengaku optimistis dengan arah pembangunan negara saat ini yang sudah berada di jalan yang benar. Djayadi menjelaskan, penilaian positif itu merupakan buah dari kinerja pemerintah dalam membangun infrastruktur dan layanan kesehatan yang terjangkau.

“BPJS ini membuat orang yang sakit berat seperti sekalipun seperti menemukan solusi,” paprnya. Selain itu, kepuasan juga lahir dari sektor pendidikan.

Oleh karenanya dia melihat fakta itu sebagai modal bagus bagi Jokowi untuk menjalani sisa pemerintahannya. Apalagi, kepercayaan tersebut terjadi merata, baik secara demografi maupun afiliasi politiknya.

“Bukan hanya dari pertai pengusung, beberapa simpatisan partai pendukung Prabowo pun mulai menaruh kepercayaan. Hanya PKS dan Gerindra yang belum puas,” imbuhnya. Namun terkait keyakinan terhadap kepemimpinan Jokowi, 55 persen pemilih Gerindra menaruh keyakinan. (jpnn)

Respon Anda?

komentar