Terlanjur Lekat dengan Stigma Negatif, Tato Ternyata Punya Manfaat Juga Lho

1221
Pesona Indonesia
(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Tato nyaris selalu diidentikkan dengan hal-hal negatif dalam pandangan masyarakat umum, seperti preman atau penjahat. Namun siapa sangka, ternyata tato juga mempunyai manfaat yang positif bagi tubuh.

Menurut sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam American Journal of Human Biology, mendapatkan tato sebenarnya bisa memperkuat sistem kekebalan tubuh Anda. Selain itu, membantu melawan masuk angin dan meningkatkan respons kekebalan.

“Pertamakali Anda mendapatkan tato mungkin awalnya menurunkan ketahanan terhadap pilek dan infeksi yang umum, tapi tato yang kedua, ketiga (atau lebih) benar-benar bisa membantu membangun toleransi terhadap penyakit tersebut,” kata anthropology, Christopher Lynn, PhD, seperti dilansir laman Fox News, Minggu (17/4).

Setelah respons stres, kata dia, tubuh Anda kembali menyeimbangkan diri seperti biasanya.

“Namun, jika Anda terus menekankan tubuh Anda lebih dan lebih lagi, maka set poin internal akan bergerak lebih tinggi,” kata Lynn.

Untuk menyelesaikan percobaan, peneliti mengumpulkan air liur dari orang-orang sebelum dan setelah mereka mendapatkan tato dan melaporkan berapa banyak tato setiap peserta individu saat itu.

Mereka kemudian mempelajari kadar imunoglobulin A (antibodi yang hadir dalam lapisan mukosa membran dalam sistem pernapasan Anda dan kortisol (hormon stres reaktif). Hasil analisis menemukan bahwa orang yang sudah memiliki tato memiliki rilis yang lebih kecil dari imunoglobulin A, yang menunjukkan bahwa tubuh mereka telah beradaptasi dan lebih kuat dari waktu ke waktu. (jpnn)

Respon Anda?

komentar