Baliho Balon Kades Mulai Bermunculan, Persaingan Pilkades Serentak Kian Terasa

2010
Pesona Indonesia
Baliho balon kades bermunculan menjelang pilkades serentak. foto;Imam sokerano/batampos
Baliho balon kades bermunculan menjelang pilkades serentak. foto;Imam sokerano/batampos

batampos.co.id – Pelaksanaan Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak dilaksanakan Mei mendatang, atau persisnya tinggal dua pekan lagi. Namun, aroma persaingan bakal calon kades di Pulau Kundur sudah mulai terasa. Ini terlihat dari maraknya baliho balon kades yang dipajang di desa masing-masing. Ada yang merupakan tokoh masyarakat, pemuda, maupun balon kades petahana.

Seperti yang terpampang di jalan Sungai Sebesi terdapat dua baliho ukuran kecil dari dua calon kades baru bersaing dengan calon kades petahana. Umumnya calon kades menyampaikan pesan untuk mendukung dan memilih pada Pilkades 3 Mei mendatang. Pemilihan kepala desa seperti pemilihan kepala daerah, maupun pemilihan legeslatif, hal ini untuk memberikan informasi kepada masyarakat.

Sebelumnya 65 orang bakal calon (balon) kepala desa dari 18 desa lima kecamatan di pulau Kundur telah mengikuti seleksi /uji kemampuan dasar proses pemilihan kepala desa serentak. Dari 65 balon kepala desa masih didominasi wajah lama (balon kades pehatan) selain itu juga terdapat wajah baru. Bahkan satu dari 65 balon kades peserta perempuan calon kepala desa Batulimau, Kecamatan Belat, dan beberapa anak muda yang ikut seleksi yang berlangsung di Balai Sri Gading.

Kepala Bagian Tata Pemerintahan Kabupaten Karimun Dwiyandri pernah menyampaikan jika seleksi/uji kemampuan dasar wajib diikuti bakal calon Kades untuk mengetahui kualitas, maupun kecakapan balon kades. Dengan harapan balon kades yang bakal maju pada pilkades sesuai dengan harapan masyarakat. Uji kemampuan dasar merupakan tahapan dalam pilkades serentak sebelum pemilihan pada 3 Mei mendatang.

“Setiap balon kades akan diuji tiga materi pertama uji tertulis, wawancara dan pidato (penyampaian visi,misi). Setiap balon kades diberikan waktu sepuluh menit untuk wawancara dan pidato,” kata Yandri.

Disebutkan tim penguji terdiri dari Bapeda, BPMD Kesbang, Inspekturat, Sat Pol PP, bagian hukum, BKD dan fasilitasi kecamatan. Dasar pelaksanaan pilkades serentak adalah undang-undang nomor 6 dan perbup. “Kita harapkan tahapan pilkades serentak berjalan lancar dan sukses,” imbuhnya. (ims/bpos)

Respon Anda?

komentar