Warga Nagoya Bisa Nikmati Gas Bumi Mei 2016

732
Pesona Indonesia
Proses penyambungan pipa gas oleh PGN di Batam. Foto: Dalil harahap/batampos/JPG
Proses penyambungan pipa gas oleh PGN di Batam. Foto: Dalil harahap/batampos/JPG

batampos.co.id – Pertengahan bulan Mei 2016mendatang, kawasan bisnis Nagoya akan dialiri gas bumi. PT Perusahaan Gas Negara (PGN) sedang mengesa pemasangan pipa gas sepanjang 18,3 kilometer (Km) di kawasan tersebut.

Direktur PT PGN, Dilo Seno Widagdo, mengatakan pengerjaan pipa gas tersebut diprediksi rampung bulan Mei mendatang. Target pemasangan pipa gas di daerah itu adalah hotel, pusat perbelanjaan, serta beberapa industri kecil dan menengah di kawasan bisnis tersebut.

“Saat ini pemasangan pipa sudah selesai 90 persen,” kata Dilo, Senin (18/4/2016).

Selain pusat perbelanjaan, hotel, dan Industri, pihak PGN berharap usaha rumah makan dan rumah tangga juga bisa memanfaatkan gas bumi tersebut. “Karena gas bumi jauh lebih efisien dibanding bahan bakar lain dan sangat ramah lingkungan,” imbuhnya.

Tak hanya di daerah Nagoya, PGN juga sedang menyelesaikan pemasangan sambungan gas ke 4.000 pelanggan rumah tangga di daerah Batuaji. Ini merupakan program yang diamanatkan oleh Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM).

“Targetnya, pemasangan sambungan bisa rampung tahun ini,” ujarnya.

Menurut dia, jaringan gas yang dimiliki dan dioperasikan PT PGN Area Batam saat ini sepanjang 123 Km. Setelah proyek di Nagoya selesai, maka total jaring gas yang dioperasikan PGN Batam mencapai 141,3 Km.

“Saat ini, PGN Batam sudah melayani 672 pelanggan, terdiri dari 39 industri besar, 36 komersial seperti hotel dan restoran, serta 597 pelanggan rumah tangga,” jelas Dito.

Dalam skala nasional, PGN telah memasok gas bumi ke lebih dari 107.690 pelanggan rumah tangga, lebih dari 1.857 pelanggan dari usaha kecil, mal, restoran hingga hotel. Selain itu, PGN juga memasok gas bumi untuk 1.529 pelanggan dari industri skala besar dan pembangkit listrik.

Dilo menjelaskan, PT PGN merupakan badan usaha yang menyalurkan gas bumi ke berbagai segmen pelanggan. Mulai dari pelanggan rumah tangga, usaha kecil dan mikro (UKM), hotel, mal, restoran, rumah sakit, industri, pembangkit listrik, dan sarana transportasi.

Secara nasional, PT PGN sudah membangun dan mengoperasikan pipa gas bumi sepanjang lebih dari 7.000 Km atau setara 76 persen pipa gas bumi hilir nasional.

“PGN akan terus agresif membangun infrastruktur gas bumi nasional, untuk pemanfaatan gas bumi yang efisien dan ramah lingkungan bagi masyarakat,” kata Dilo. (she/bp)

Respon Anda?

komentar