Pemko Tanjungpinang Beri Rp 1 Miliar untuk Setiap Kelurahan

682
Pesona Indonesia
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. foto:yusnadi/batampos
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang merencanakan menambah dana pemberdayaan kelurahan. Dari yang sebelumnya hanya Rp 250 juta untuk setiap kelurahan, tahun 2017 mendatang meningkat menjadi Rp 1 miliar.

“Dengan begitu, akan mempermudah pembangunan skala kecil di setiap kelurahan,” ujar Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah ditemui di acara Pengukuhan Forum RT dan RW Kecamatan Tanjungpinang Barat di Kantor Camat Tanjungpinang Barat, Senin (18/4).

Lis berharap, kemampuan anggaran Pemko Tanjungpinang di tahun 2017 mendatang akan membaik. Dengan demikian, rencana tersebut dapat terealisasi.

Disinggung apa yang melatarbelakangi penambahan dana pembangunan kelurahan, Lis mengatakan, itu atas permintaan masyarakat yang merasa permohonan pembangunan di masing-masing kelurahan tidak terakomodir dalam Musyawarah Rencana Pembangunan (Musrenbang). Alhasil, kata Lis, tidak dimasukkan dalam APBD Kota Tanjungpinang.

“Program pemberdayaan kelurahan Ini bukan baru. Hanya besaran dananya saja yang terbilang kecil, yait Rp 250 juta,” ujarnya. Sementara, kebutuhan pembangunan masyarakat di setiap kelurahan cukup mendesak.

“Seperti pembangunan batu miring. Itu kan sebenarnya tidak butuh biaya besar, tapi karena tidak masuk dalam APBD maka tidak terealisasi pembangunannya,” ujar Lis.

Sementara, jika mengharapkan dana pembangunan kelurahan yang hanya Rp250 juta, maka kata dia, tidak mencukupi. “Program APBD kan tidak fleksibel. Karena itu kami merencanakan menambah besaran dananya. Supaya langsung pekerjaan tersebut dapat dilaksanakan, dan tidak lagi menunggu APBD,” ujarnya.

Lis melanjutkan, selagi apa yang diminta oleh masyarakat bermanfaat langsung bagi masyarakat banyak. Maka Pemko Tanjungpinang, akan selalu berupaya untuk mewujudkannya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar