Silakan Klik… Ini Pengumuman Masa Pendaftaran Calon Taruna Akmil

1815
Pesona Indonesia
Foto ilustrasi: Radar Kedu/JPG
Foto ilustrasi: Radar Kedu/JPG

batampos.co.id – Masa pendaftaran calon taruna akademi militer akan ditutup 4 Mei 2016. Diketahui, Tentara Nasional Indonesia Angkatan Darat (TNI-AD) sudah membuka pendaftaran sejak 1 Maret 2016.

“Cara mendaftar yakni, pendaftaran dilakukan secara online melalui website penerimaan prajurit TNI di alamat http://rekrutmen-tni.ilmci.com. Kemudian calon datang sendiri ke tempat pendaftaran dengan menunjukkan dokumen asli dan menyerahkan fotokopi masing- masing selembar yang telah dilegalisir,” terang Kolonel (Inf) Fachri SIP melalui Kepala Ajudan Jenderal Korem 023/KS, Mayor (Caj) Irawan kepada New Tapanuli (Jawa Pos Group) di Makorem 023/KS di Sibolga.

Adapun persyaratan umum, sambungnya, yakni calon merupakan Warga Negara Indonesia, bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa, setia dan taat kepada Pancasila dan UUD 1945, sehat jasmani dan rohani, tidak memiliki catatan kriminalitas yang dikeluarkan Polri secara tertulis dan bersedia ditempatkan di seluruh wilayah NKRI.

“Umur pada saat masuk pendidikan pertama pada tanggal 1 Agustus 2016 berusia paling rendah 17 tahun 9 bulan dan tidak lebih dari 22 tahun,” terangnya.

Persyaratan lainnya yakni bukan mantan prajurit TNI atau Polri dan berijazah SMA/Madrasah Aliyah jurusan/program IPA, belum pernah menikah dan sanggup tidak menikah selama mengikuti pendidikan pertama.

Tinggi badan minimal 165 cm untuk pria dan 160 cm untuk wanita dengan berat badan seimbang menurut ketentuan yang berlaku. “Kemudian bersedia menjalani ikatan dinas pertama selama 10 tahun, harus ada surat persetujuan dari orang tua atau wali.

Calon juga tidak bertato atau bekas tato, tidak ditindik atau bekas tindik di telinga atau anggota badan lainnya, kecuali yang disebabkan oleh ketentuan agama atau adat.

Bagi calon yang memeroleh ijazah dari negara lain atau lembaga pendidikan diluar naungan Kemendikbud, harus mendapat pengesahan dari Kemendikbud RI.

Sedangkan persyaratan nilai, sambungnya, dengan ketentuan Danem/UN bagi yang lulus tahun 2011 dengan nilai rata-rata tidak kurang dari 7 dan tidak ada mata pelajaran dengan nilai di bawah 6 dalam kolom nilai akhir.

“Sedangkan lulusan tahun 2012 nilai akhir rata-rata (Gabungan nilai UN dan sekolah) tidak kurang dari 7,25 dan tidak ada nilai dibawah 6 dalam kolom nilai akhir. Untuk lulusan tahun 2013, dengan nilai akhir rata-rata minimal 6,87,” jelasnya.

Bagi lulusan tahun 2014, lanjutnya, nilai akhir rata-rata minimal 6,25 dan lulusan tahun 2015 dengan nilai Ujian Nasional rata-rata minimal 60,00 dan tidak ada nilai mata pelajaran di bawah 40,00 di dalam nilai Ujian Nasional.

Kepada warga yang ingin mendaftar, katanya, dipersilahkan mendatangi Ajendam I BB di Medan, Ajenrem 032/Wbr dan Ajenrem 023/KS di Jalan Datuk Itam No 1 Sibolga dengan membawa print out pendaftaran online, ijazah SD, SMP, dan SMA beserta SKHU, Asli Akte Kelahiran dan Surat Kenal Lahir, asli KTP calon dan KTP orang tua/wali, asli Kartu Keluarga.

“Bagi mereka yang masih duduk di kelas III SMA agar melampirkan rapor dari kelas I hingga kelas III, semester 1 hingga semester V serta membawa surat keterangan dari sekolah yang menyebutkan bahwa calon adalah siswa kelas III yang terdaftar sebagai peserta Ujian Akhir Nasional (UAN),” tandasnya lantas menambahkan informasi lebih lanjut dapat diperoleh di tempat pendaftaran.(JPG)

Respon Anda?

komentar