101 Calon Berebut 29 Posisi Kades

513
Pesona Indonesia
Puluhan balon kepala desa serius mengikuti uji kemampuan dasar pada pemilihan kades serentak. foto:imam soekarno/batampos
Puluhan balon kepala desa serius mengikuti uji kemampuan dasar pada pemilihan kades serentak. foto:imam soekarno/batampos

batampos.co.id – Tahapan pemilihan kepala desa telah melalui uji kemampuan dasar yang diikuti 104 orang bakal calon kepala desa untuk 29 desa. Namun, setelah dilakukan uji kemampuan dasar, ada 3 orang bakal calon kades yang tidak lulus seleksi. Dengan demikian, yang akan bertarung untuk memperebutkan kursi 29 kepala desa hanya101 calon kades.

”Ada 3 desa yang bakal calon kadesnya 6 peserta. Jadi sesuai dengan aturan Perbup Pilkades serentak, harus maksimal 5 calon. Dan kebetulan dari 6 peserta tersebut, ada salah satu bakal calon Kades hasil uji kemampuannya tidak memenuhi syarat,” jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan Karimun, Dwiyandri di ruang kerjanya, Selasa (19/4).

Adapun desa yang mencalonkan lebih dari 5 orang yaitu Sanglar Kecamatan Durai, Desa Gemuruh Kecamatan Kundur Barat, dan Desa Sungai Buluh Kecamatan Ungar. Sedangkan, uji kemampuan dasar terdiri dari uji tertulis, wawancara, dan pidato. Sementara anggaran bantuan dari Pemda Karimun, untuk setiap desa hanya Rp18 juta.

”Nantinya, ada kampanye maupun sosialisasi yang dilakukan oleh panitia Pilkades di setiap desa. Ya, seperti Pilkada terdahululah,” tuturnya.

Dengan dilaksanakan pilkades serentak di Kabupaten Karimun awal Mei mendatang menjadi yang pertama kalinya di Kepri. Dengan demikian dapat sebagai contoh bagi kabupaten/kota lainnya agar tidak menimbulkan gejolak dan perpecahan di tengah-tengah masyarakat.

”Tahun depan dana desa (DD) yang dikucurkan dari pemerintah pusat cukup besar. Jadi tanggungjawab Kades nantinya, sangat besar bagaimana mengelola Dana Desa untuk memajukan desa dan masyarakatnya,” kata Yan panggilan akrabnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar