Anambas Berjuang Mendapatkan Transportasi Udara

491
Pesona Indonesia
Maskapai Trans Nusa yang sempat melayani penerbangan ke Anambas. foto:net
Maskapai Trans Nusa yang sempat melayani penerbangan ke Anambas. foto:net

batampos.co.id – Bupati Kabupaten Kepulauan Anambas, Abdul Haris menargetkan akan ada pesawat yang melayani rute Anambas minimal pada April mendatang. Dirinya bersama wakilnya Wan Zuhendra mengaku sudah melakukan penjajakan dengan sejumlah maskapai untuk mendapatkan transportasi udara yang melayani ke Anambas.

Sedikitnya, ada tiga maskapai yang sudah melakukan komunikasi dengan Pemkab Anambas untuk merealisasikan hadirnya transportasi udara di Anambas ini. Namun saat ini masih terkendala. Kendala yang biasa dihadapi yakni kajian bisnis dari maskapai ketika hendak masuk dan
beroperasi di Anambas.

“Kendala jelas ada. Artinya, maskapai tidak hanya mengoperasikan armadanya untuk rute penerbangan Anambas ke Tanjungpinang atau Batam saja. Ada kajian bisnis yang perlu mereka lakukan,” ungkap Haris kepada wartawan.

Pihaknya mengupayakan agar maskapai yang masuk tidak disubsidi namun harga tiket tetap terjangkau oleh masyarakat. “Pemerintah Kabupaten kan saat ini sudah memiliki slot time untuk mengoperasikan maskapai komersil di bandara khusus, Palmatak,” bebernya.

Hadirnya transportasi udara, tidak dipungkiri menjadi pekerjaan rumah Pemkab Anambas saat ini. Hanya transportasi laut yang saat ini menjadi andalan untuk bepergian dari dan menuju Anambas, mulai dari kapal feri, Pelni dengan waktu tempuh berjam-jam lamanya.

Menurutnya hadirnya transportasi udara yang saat ini dirasa penting. Seperti masyarakat yang memiliki keperluan mendadak, termasuk untuk memberangkatkan orang sakit dan sebagainya. Sepengetahuannya, jika ada yang ke Jakarta, masih menumpang menggunakan pesawat perusahaan, yang tentunya punya keterbatasan. “Masa iya seperti ini terus kan tidak mungkin,” ujarnya.

Seperti diketahui bahwasanya akhir-akhir ini transportasi yang melayani rute Anambas masih menggunakan jalur laut. Sementara itu jalur udara sudah dua tahun tidak beroperasi. Beberapa hari terakhir, jadwal feri juga tidak menentu. Seharusnya menurut jadwal pada hari Senin (18/4) sudah ada feri yang berangkat dari Tanjunpinang ke Anambas tapi kenyataannya hingga kini belum ada. Bahkan dikabarkan feri tersebut baru bisa berangkat pada Jumat (22/4).(sya/bpos)

Respon Anda?

komentar