Dorong Minat Baca dan Menulis, Perpustakaan BP Batam Gelar Workshop Penulisan Buku

1146
Pesona Indonesia
Joko Irawan Mumpuni memberikan materi workshop penulisan buku  yang diselenggarakan Perpustakaan BP Batam di lantai 4 Gedung B, IT Centre BP Batam, Batamcenter, Selasa (19/4). Foto: Ist
Joko Irawan Mumpuni memberikan materi workshop penulisan buku
yang diselenggarakan Perpustakaan BP Batam di lantai 4 Gedung B, IT Centre BP Batam, Batamcenter, Selasa (19/4). Foto: Ist

batampos.co.id – Untuk lebih mendorong dan mengembangkan kemampuan dalam menulis buku, Perpustakaan Badan Pengusahaan (BP) Batam menggelar workshop penulisan buku dengan tema “Motivasi dan Ide Kreatif Menulis Buku”, Selasa (19/4) di lantai 4 Gedung B, IT Centre BP Batam, Batamcenter. Narasumber pada workshop ini, adalah Joko Irawan Mumpuni, seorang penulis buku dan juga Direktur Andi Offset, Yogyakarta.

Kepala Biro Umum dan Sekretariat BP Batam, Teuku M Rizasyah, saat membuka workshop mengatakan, kegiatan ini diperlukan sebagai bagian dari program peningkatan minat baca dan tulis para pegawai BP Batam. Selain itu, juga upaya untuk membantu pengembangan kemampuan SDM BP Batam.

“Di BP Batam sebetulnya banyak para pegawai yang berbakat untuk menulis, namun kemungkinan ada sedikit kesulitan di dalam mengembangkannya untuk menjadi sebuah buku. Oleh karena itu, diharapkan kegiatan ini akan membantu para pagawai teknik mengembangkannya. Semoga nanti akan muncul penulis-penulis andal dari BP Batam,” ujar Teuku M. Rizasyah.

Sementara itu, Joko Irawan Mumpuni dalam pemaparannya mengatakan, ide dan gagasan untuk menulis dapat berasal dari kemampuan pancaindera yang ada pada diri seseorang, yaitu mendengar, melihat, mencium, merasakan atau mengecap, dan menyentuh. “Dari kelima indera tersebut, seseorang akan mampu memulai dan menjelaskannya dalam sebuah tulisan,” jelas Joko yang juga seorang dosen di beberapa perguruan tinggi.

Dalam workshop tiga sesi tersebut, Joko juga menjabarkan secara jelas mengenai prinsip-prinsip menulis, memahami kriteria penerbitan, cara menjadi penulis buku, dan tips menjadi writingpreneur.

Sebelumnya, Kabag Sekretariat Arsip dan Perpustakaan, Wahyu Suci Rahayu menyampaikan, workshop ini diikuti para pegawai BP Batam dari berbagai unit kerja.

Pengunjung atau pemustaka di Perpustakaan BP Batam setiap bulannya rata-rata mencapai 120 hingga 150 orang. Pada tahun 2013, jumlah pengunjung mencapai 1.535 orang dan pada 2014 mencapai 1.412 orang.

Di tahun 2015, mencapai 1.912 orang. Sedangkan pada triwulan pertama 2016 mencapai 1.348 pengunjung dari berbagai kalangan, tidak hanya para pegawai BP Batam, tetapi juga pelajar, mahasiswa, dan masyarakat umum di Batam. (mta)

Respon Anda?

komentar