Ini Kuota CPNS 2016 yang Diajukan Pemko Batam

3213
Pesona Indonesia
Suasana Ujian CPNS beberapa tahun lalu. Tahun 2016 ini akan ada penerimaan CPNS lagi. Foto: www.sekolahdasar.net
Suasana Ujian CPNS beberapa tahun lalu. Tahun 2016 ini akan ada penerimaan CPNS lagi. Foto: www.sekolahdasar.net

batampos.co.id – Pemerintah Kota Batam melalui Badan Kepegawaian Daerah (BKD) telah mengirimkan kuota Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2016 ke Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB).

Humas Pemko Batam Ardiwinata menyebutkan, kuota yang diusulkan Pemko Batam terbatas. Hanya 229 orang.

“Kan moratorium terbatas, hanya untuk tenaga kesehatan, makanya tidak banyak,” ujar Ardi, Rabu (20/4/2016).

Dari kuota 229 orang itu, 29 orang pegawai tidak tetap (PTT) yang kini bekerja di Dinas Kesehatan Kota Batam.

PTT tersebut merupakan program pemerintah pusat dan saat ini ada 29 orang yang bertugas di Dinkes yang diusulkan mengisi formasi CPNS untuk tenaga kesehatan 2016.

Sisanya, 200 orang merupakan honorer yang juga bekerja di berbagai pusat pelayanan kesehatan yang berada dalam naungan Dinas Kesehatan Batam.

“Prioritas yang 29 PTT itu, tapi kita berharap KemenPAN-RB juga mengeluarkan formasi untuk 200 orang itu,” kata Ardi.

Ardi menambahkan, saat ini tidak ada usulan kuota untuk umum. Penerimaan CPNS benar-benar dibatasi hanya bidang yang memang mendesak dan dibutuhkan. Salah satunya tenaga kesehatan.

KemenPAN-RB, sendiri menegaskan akan menetapkan formasi penerimaan calon pengawai negeri sipil (CPNS) 2016 pada Mei nanti. Daerah yang tak mengajukan formasi hingga akhir April tidak akan mendapatkan kuota.

“Masih ada sekitar 57 instansi belum mengisi e-formasi. Kami tunggu sampai akhir April, kalau belum masuk juga, mohon maaf kami tidak memberikan formasi CPNS,” ujar Setiawan Wangsaatmadja, deputi SDM Aparatur KemenPAN-RB, Rabu (20/4/2016) di Jakarta.

Setiawan juga membenarkan kalau kuota CPNS yang ditetapkan terutama untuk tenaga pendidikan, kesehatan, lulusan sekolah ikatan dinas, serta jabatan yang m‎endukung program nawacita Presiden Jokowi.

Usulan kuota dan formasi CPNS tersebut juga tidak serta merta diterima. Formasi hanya diberikan pada daerah yang persentase kuota APBD-nya untuk belanja pegawainya di bawah 50 persen. (nur)

Respon Anda?

komentar