Rawan Kejahatan, Pemko Batam Bakal Pasang CCTv di Bukit Clara

678
Pesona Indonesia
Dua orang warga Batam berfoto mengambil latar belakang Welcome To Batam yang terpampang di Bukit Clara Batamkota. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Dua orang warga Batam berfoto mengambil latar belakang Welcome To Batam yang terpampang di Bukit Clara Batamkota. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co,.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam akan memasang kamera pengintai (CCTv) di seputar sign board Welcome To Batam di Bukit Clara, Batamcenter.

Upaya itu untuk memantau keamanan di lokasi yang kerap dijadikan tempat berfoto bagi wisatawan yang datang ke kota ini. Terlebih, setelah adanya kejadian perampokan yang menimpa dua orang wisatawan mancanegara (wisman) asal Singapura, beberapa hari lalu.

“Kita memang rencana mau pasang di titik rawan, awalnya di depan bundaran Masjid Raya yang menghadap ke DPRD, tapi setelah ini kita akan ganti di dekat Bukit Clara,” ujar Kepala Badan Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Batam, Salim, kemarin.

Menurut dia, tahun ini Pemko Batam bakal memasang 60 unit CCTv yang tersebar di 40 titik di seluruh Batam. Titik-titik penempatan yang dipilih merupakan area yang dinilai rawan atau ramai lalu lalang masyarakatnya sehingga membantu memudahkan dalam pemantauan. Hanya saja, rencana pemasangan CCTv tersebut hingga saat ini baru memasuki tahap Detail Engineering Design (DED).

“Mudah-mudahan awal atau akhir Mei DED itu bisa selesai, sehingga bisa segera dipasang,” kata dia.

Nantinya, Salim menyambung, satu titik bisa dipasang lebih dari satu kamera tergantung kebutuhan dan cakupan area yang ingin dipantau.

Ia mencontohkan kawasan di seputaran Jalan Engku Putri Batamcenter, tepatnya di depan Kantor Wali Kota dan DPRD Kota Batam. Di sana nanti, akan ada satu CCTv dom yang bisa berputar beberapa arah sehingga dapat memantau gerbang masuk menuju ke Kantor Wali Kota maupun ke DPRD Kota Batam.

“Sedangkan di simpang lampu merah depan masjid raya juga ada satu menghadap ke sini (Kantor Wali Kota), dan di depan Kantor Bank Indonesia juga ada satu menghadap ke sini,” paparnya.

Meski begitu, Salim mengatakan masih terbuka peluang untuk mengubah titik rencana pemasangan CCTv asalkan berdasarkan kajian atau pertimbangan tertentu.

“Misalnya di lokasi rawan tadi, itu bisa jadi perhitungan tersendiri,” katanya. (rna)

Baca juga:

Penodongan Turis Asing di Bukit Clara Perburuk Citra Pariwisata Batam

Dinas Pariwisata Akan Gelar Rapat Terkait Keamanan Objek Wisata di Kota Batam

Antisipasi Kejahatan, DPRD Minta Pemko Tempatkan Satpol PP di Bukit Clara

Polresta Barelang Kerahkan Tim Buser Antisipasi Pemalakan di Bukit Clara

Tak Ingin Repot, WN Singapura yang Diperas di Bukit Clara Batalkan Laporan

Dua Warga Singapura Diancam Parang di Bukit Clara, Seluruh Harta Dirampas

Tolong Pak Polisi, di Welcome To Batam Marak Pungli

Turis Mengeluh Sering Diperas di Tempat Berfoto “Welcome to Batam”

Respon Anda?

komentar