Semifreddo, Lembutnya Numero Uno

2195
Pesona Indonesia
DSCF0430
Semifreddo, dessert khas tradisional Italia

batampos.co.id – Halo pecinta kuliner Batam, apa kabar Anda hari ini? Sudah terpikirkan akan menapakkan kaki ke restoran, kafe, atau angkringan mana sore ini?

Kini kota kita kedatangan jenis makanan baru loh. Namanya Semifreddo dari Italia. Nama yang keren bukan?

“Semifreddo ini adalah dessert tradisional dari Italia yang kalau diterjemahkan dalam bahasa Inggris berarti ‘half cold’,” ujar Thomas Mancin, Chef kebangsaan Italia ketika memperkenalkan makanan ini di Kafe Saint Cinnamon yang berlokasi di Nagoya Citywalk Batam, beberapa hari yang lalu.

DSCF0432
Chef Italia Thomas Mancin

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Dessert ini disebut semi-frozen karena memang temperaturnya ga dingin-dingin amat layaknya es krim yang kadang membuat gigi ngilu.

Saya berkesempatan mencoba semifreddo rasa coklat hazelnut. Rasanya mamma mia… enak banget! Perpaduan krim yang lembut dengan rasa coklat hazelnut menimbulkan sensasi luar biasa enak di lidah.

“Bahan-bahan yang kita gunakan seperti pistachio, hazelnut, dan lain-lain asli didatangkan dari Italia. Kami ingin menjaga kualitas dan cita rasa asli semifreddo. No extract, no artificial colour,” ujar Chef bule ini dalam berbahasa Inggris.

Nah jika tempo hari penulis pernah memperkenalkan Gelato, maka semi freddo hampir sekelas dengannya. Bedanya cuma tipis. Jika temperatur Gelato sekitar -20 derajat Celcius, Semifreddo disimpan dalam -12 derajat Celcius.

Secara tekstur, semifreddo pun lebih padat dari gelato dan bisa dibentuk menjadi cake. “Kita juga mengkombinasikannya dengan sponge cake sehingga mudah dibentuk,” ujar Sendy, pemilik Kafe Saint Cinnamon Batam.

Jadilah semifreddo dengan berbagai macam bentuk, ada yang berbentuk hati, lingkaran, setengah lingkaran, dan banyak lagi. Semifreddo ini juga bisa dipesan untuk cake ulang tahun.

DSCF0437

Makanan ini bisa dinikmati kapan saja. Bisa di cuaca panas maupun dingin. “Bahkan di negara kami, semifreddo menjadi makanan di musim dingin,” terang Thomas.

Untuk harga, semifreddo memang agak mahal. Satu porsinya Rp 45 ribu, tapi dijamin deh, its worth it. “Untuk perkenalan kami memberi diskon khusus 20 persen sampai akhir April,” ujar Sendy. Nah tunggu apa lagi, yuk cobain si semifreddo.(Fenny)

Respon Anda?

komentar