Waduh, 57 Ribu Lebih PNS Diduga Fiktif

332
Pesona Indonesia
Ilustrasi PNS. foto:jpnn
Ilustrasi PNS. foto:jpnn

batampos.co.id – Program Pendaftaran Ulang Pegawai Negeri Sipil melalui sistem online atau e-PUPNS (PNS) yang dilakukan pemerintah ternyata menghasilkan data mengejutkan. Sebab, ada temuan tentang lebih dari 57 ribu PNS yang misterius.

Puluhan ribu PNS itu dianggap misterius karena mendapat gaji setiap bulan, namun orangnya fiktif. Bahkan mereka mendapatkan gaji ke-13.

Menurut Kepala Badan Kepegawaian Negara (BKN) Bima Haria Wibisana, puluhan ribu PNS itu tak jelas identitas personalnya.  “Dari pendataan e-‎PUPNS per 4 Maret, kami temukan 57.724‎ PNS tidak jelas identitasnya alias misterius,” katanya kepada JPNN, Kamis (21/4).

Bima memerinci, berdasarkan e-PUPNS Januari 2016 terdapat 93.721 PNS yang tidak mendaftar ulang. Dari angka itu, 35.997 PNS di antaranya diusulkan oleh instansi asalnya.

Selain itu ada yang terlambat mendaftar 12.619 orang. Tetapi ada juga yang sudah tidak aktif tapi datanya masih ada dalam database.

“Sebabnya macam-macam, ada yang meninggal, pensiun, diberhentikan, dan lain-lain. Nah ada 57.724 yang belum bisa dijelaskan statusnya. Ini yang disebut misterius,” terangnya.

Bima menambahkan, e-PUPNS sudah ditutup dan tidak diperpanjang lagi.‎ Pasalnya, perpanjangan pendaftaran telah dilakukan beberapa kali oleh BKN. (esy/jpnn)

Respon Anda?

komentar