Boy Rafly Resmi Jadi Jubir Polri, Anton Charliyan Pimpin Polda Sulsel

687
Pesona Indonesia
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti. Foto: dokumen JPNN.Com
Kapolri Jenderal Badrodin Haiti.
Foto: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id – Kapolri Jenderal Badrodin Haiti pada Kamis (21/4) pagi tadi melantik delapan pejabat utama Mabes Polri. Kini sejumlah posisi penting telah mengalami penyegaran usai menggelar serah terima jabatan.

Pelantikan dan sertijab itu mengacu pada surat keputusan Kapolri bernomor KEP/309/IV/2016 dan surat telegram bernomor ST/936/IV/2016. Ada delapan perwira tinggi Polri  yang mengalami pergeseran.

Para perwira Polri yang berganti posisi itu adalah Komjen Pol Djoko Mukti Haryono, dari posisi Kabaintelkam menjadi Pati Baintelkam Polri dalam rangka pensiun. Posisinya digantikan oleh Irjen Pol Noer Ali yang sebelumnya menjabat sebagai Kapolda Jawa Tengah.

Sementara posisi Noer Ali diisi oleh Irjen Pol Condro Kirono yang kini masih menjabat sebagai Kakorlantas Polri.  Selanjutnya, posisi di Korlantas yang ditinggalkan Condro diisi oleh Brigjen Pol Agung Budi Maryoto.

Agung sebelumnya merupakan Kapolda Kalimantan Selatan. Selanjutnya posisi yang ditinggal Agung di Polda Kalsel bakal ditempati Brigjen Pol Erwin Triwanto yang sebelumnya Kapolda Daerah Istimewa Yogyakarta.

Posisi Erwin akan digantikan Brigjen Pol Prasta Wahyu Hidayat yang pernah menjabat Karorenmin Baintelkam. Kemudian Wakapolda Kalimantan Timur Brigjen Endaryoko akan mengisi tempat Wahyu Hidayat.

Irjen Anton Charliyan yang sudah cukup lama sebagai Kadiv Humas Polri pun kini resmi menjadi Kapolda Sulawesi Selatan. Ia menggantikan Irjen (purn) Pudji Hartanto yang diangkat menjadi Dirjen Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan.

Sedangkan posisi Kadiv Humas Polri ditempatiBrigjen Pol Boy Rafli Amar yang sebelumnya memimpin Polda Banten. Posisi Boy di Polda Banten kini ditempati Brigjen Ahmad Dofiri yang sebelumnya menjabat Karobinkar SSDM Polri.

“Upacara ini adalah manifestasi regenarasi dan penyegaran di institusi. Guna menghadapi tantangan yang semakin berkembang,” kata Badrodin saat memimpin pelantikan dan sertijab di Rupatama Mabes Polri, Kamis (21/4).

Ia menegaskan, salah satu tantangan yang masih prioritas bagi Polri adalah stabilitas keamanan, penyebaran paham radikal dan terorisme. “Kelompok teroris yang bergerak melancarkan aksi mengganggu rasa aman,” sambung orang nomor satu di Korps Bhayangkara itu.

Selain pejabat Polri yang dilantik hari ini, ada pula beberapa posisi penting lainnya yang bergeser. Antara lain  Wakapolda Jawa Barat Brigjen Pol Mochammad Taufik digeser menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri. Posisi yang ditinggalkannya lantas ditempati Kombes Nana Sujana yang sebelumnya menjabat Wakapolda Jambi.

Lalu ada Direktur Tindak Pidana Ekonomi dan Khusus Brigjen Bambang Waskito digeser menjadi Widyaiswara Utama Sespim Lemdikpol Polri. Posisinya akan digantikan oleh anak buahnya, Kombes Agung Setya yang merupakan Wadirtipideksus. (elf/JPG)

Respon Anda?

komentar