Fasilitas Mendukung, RSAB Siap Gelar Operasi Pemisahan Bayi Kembar Siam

793
Pesona Indonesia
Orang tua bayi kembar siam, Warmin Bahrudin melihat kondisi anaknya Rahma-Rahmi di ruang perawatan khusus Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, Lubukbaja, Rabu (20/4/2016). Kondisi bayi kembar siam normal dan mengalami peningkatan setiap harinya. Foto: Rezza Herdiyanto/ Batam Pos
Orang tua bayi kembar siam, Warmin Bahrudin melihat kondisi anaknya Rahma-Rahmi di ruang perawatan khusus Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) Batam, Lubukbaja, Rabu (20/4/2016). Kondisi bayi kembar siam normal dan mengalami peningkatan setiap harinya. Foto: Rezza Herdiyanto/ Batam Pos

batampos.co.id – Rumah Sakit Awal Bros (RSAB) dipastikan siap menggelar operasi pemisahan bayi kembar siam Rahma-Rahmi, bulan Mei mendatang. Tim Kembar Siam (TKS) RSUD dr Soetomo Surabaya telah melakukan pengecekan fasilitas kesehatan dan peralatan operasi, Rabu (20/4) lalu.

“Bagus. Semuanya lengkap,” kata Wakil Ketua TKS RSUD dr Soetomo Surabaya, dr Poerwadi, SpB SpBA usai meninjau ruang operasi RSAB.

Ruang operasi itu salah satunya. RSAB telah menyiapkan ruang operasi yang jaraknya tidak terlalu jauh dari ruang perawatan. Sehingga, ketika operasi selesai nanti, kedua bayi pasangan Junaidi Bakri Ratu Loli dan Warmin Bahrudin itu dapat segera kembali ke ruang perawatan.

Mengenai kompetensi dokter, dr Poerwadi menyatakan, TKS RSUD dr Soetomo siap mendampingi. TKS yang diketuai dr Agus Harianto, SpAK itu sudah terbentuk sejak tahun 1975. Tim itu kini beranggotakan hingga 125 dokter. Mereka telah menangani hingga 80 kasus bayi kembar siam.

“Bukan hanya yang ada di Surabaya. Di luar Surabaya juga sudah kami lakukan,” ujar dokter spesialis bedah anak itu lagi.

Tim dokter kini tengah menunggu berat badan bayi mencapai angka yang diinginkan. Yakni, sebesar 10 kilogram. Namun, mereka tetap siaga 24 jam. Sebab, salah satu bayi mengalami kelainan jantung.

Sambil menunggu berat badan terpenuhi, tim kembar siam daerah akan menggalang dana untuk operasi si kecil. Tim akan membuka rekening khusus untuk menampung sumbangan yang masuk. Rekening itu nantinya akan dikelola oleh tim.

“Pembukaan rekening itu sedang dalam proses. Secepatnya setelah jadi, kami akan mengumumkannya,” kata Koordinator Pos Penggalangan Dana, Usep RS.

Hingga saat ini, belum ada bantuan dana untuk operasi si kecil. Terutama yang masuk langsung masuk ke ayah bayi Junaidi Bakri Ratu Loli. Mereka masih mengandalkan uang gaji Warmin Bahrudin untuk membiayai kebutuhan Rahma-Rahmi. Biaya yang terbesar datang dari kebutuhan susu. Bayi kembar yang lahir 29 Maret lalu itu harus mengonsumsi susu khusus supaya berat badannya bertambah.

“Susu itu harganya cukup mahal lah. Tapi mau bagaimana lagi,” ujar Junaidi Bakri. (ceu)

Baca juga:

Bayi Kembar Siam Lengket Lahir di Batam, Butuh Bantuan Biaya Operasi Pemisahan

Bayi Kembar Dempet Perut Ini Harus Dioperasi, Mereka Butuh Uluran Tangan Para Dermawan

Mei, Operasi Kembar Siam Rahma – Rahmi Dilakukan di Batam Dibantu Dokter Surabaya

Operasi Pemisahan Rahma dan Rahmi Menunggu Berat Ideal

Operasi Pemisahan Rahma-Rahmi Dipimpin Dokter dari RSUD Dr Soetomo

Rahma-Rahmi Butuh Biaya Besar, Yuk Bantu!

Respon Anda?

komentar