Jelang Penilaian Adipura, PK5 Taman Kota Dabo Segera Direlokasi

287
Pesona Indonesia
Taman Kota Dabo yang akan dibenahi menjelang penilaian Adipura. foto:wijaya satria/batampos
Taman Kota Dabo yang akan dibenahi menjelang penilaian Adipura. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Sejumlah pedagang kaki lima yang menempati taman Kota Dabo dalam waktu dekat ini akan segera direlokasikan ke daerah Wisma Ria, Dabo. Hal ini sehubungan dengan rencana Pemkab Lingga melalui Badan Lingkungan Hidup (BLH) yang mengajukan Dabo Singkep sebagai kota ukuran sedang dalam ajang Adipura di tahun 2017 mendatang.

Menurut Kepala Badan Lingkungan Hidup (BLH) Lingga, Junaidi Adjam, penilaian untuk meraih adipura di mulai pada awal Juni hingga Desember tahun ini, dan pemenangnya akan diumumkan pada tahun 2017.

Selain itu, Junaidi juga memberikan apresiasi kepada Camat Singkep, Kisanjaya dan Lurah Dabo Agustiar yang sudah berbenah, dengan tujuan agar Kota Dabo lebih siap dalam penilaiannya, menciptakan kondisi yang indah, rindang dan sehat.

Ditempat terpisah, Kisanjaya mengatakan relokasi pedagang kaki lima taman kota, dimaksudkan untuk mengembalikan fungsinya sebagai taman di dalam perkotaan. Sedikitnya ada 10 pedagang yang menjual dagangannya di taman kota. Mereka sudah berjualan disitu sejak tahun 2009 hingga kini.

“Pada waktu itu, mereka memang diijinkan oleh pihak kecamatan untuk berjualan di sana dengan syarat, harus merawat dan menjaga kebersihan, tidak boleh menambah jumlah. Perjanjian lain jika Pemkab membutuhkan taman kota tersebut pedagang harus siap pindah di lokasi yang baru,” ujar Kisan, Rabu (24/4) pagi.

Sementara itu, Lurah Dabo Lama Agustiar mengatakan tidak ada pedagang yang akan direlokasi mengeluh dengan kebijakan tersebut. Pedagang juga berkomitmen untuk mensukseskan program adipura Pemkab Lingga.

Seluruh pedagang nantinya akan menempati lokasi baru yakni di Wisma Ria yang sedang dalam pengerjaan, dan dalam waktu dekat ini akan dapat dipergunakan. Sedangkan seluruh Taman yang ditinggalkan akan ditata kembali, sesuai dengan fungsi awalnya. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar