Kampung Bengku Diusulkan sebagai Kampung KB Bintan

534
Pesona Indonesia
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Bintan, Kartini. foto:fatih
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Bintan, Kartini. foto:fatih

batampos.co.id – Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Kepri akan membentuk Kampung Keluarga Berencana (KB) di setiap kabupaten/kota yang ada di Kepri. Hal ini dilakukan sebagai implementasi dari program yang dicanangkan oleh kabinet kerja Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) salah satunya Nawacita ketiga yaitu membangun negara Indonesia dari kawasan pinggiran dengan memperkuat daerah-daerah dan desa dalam kerangka negara kesatuan.

Khusus untuk Kabupaten Bintan, BKKBN Kepri mengusulkan Kampung Bengku di Kecamatan Teluk Bintan sebagai Kampung KB. Secara umum melalui program Kampung KB ini akan menjadikan masyarakat yang berdomisili di wilayah tersebut lebih sejahtera dibandingkan lainnya. Karena kampung ini akan dipioritaskan baik dari segi bantuan dana, makanan bergizi, kesehatan hingga fasilitas lainnya.

Kepala Perwakilan BKKBN Kepri, Sugiyono mengakui secara umum melalui program ini membuat masyarakat yang menetap di perkampungan tersebut lebih sejahtera. Sebab segala bentuk permasalahan yang terjadi akan ditangani dengan maksimal.

“Tahapan pertama di kampung ini ditaja kegiatan dialog umum. Jadi dengan dialog inilah segala keluhkesah maupun aspirasi masyarakat bisa tersampaikan. Bahkan untuk diskusi usia anak-anak juga ada,” ujarnya di Kampung Bengku, Rabu (20/4).

Dialog yang dilaksanakan, lanjutnya, tidak sekedar diskusi belaka tanpa ada solusinya. Melainkan hasil dialog itu akan disampaikan BKKBN kepada Bupati Bintan. Agar bisa dijadikan landasan ataupun acuan pemerintahan dalam melaksanakan segala bentuk pembangunan. Apalagi program pembangunan yang digesa Bupati Bintan dan Wakilnya saat ini berpedoman dari aspirasi masyarakat. Pastinya masyarakat di Kampung KB ini akan lebih sejahtera dari sebelumnya. Bahkan, kata dia, hasil dialog inipun juga akan disampaikannya kepada Presiden RI.

“Dari hasil tinjauan, Kampung Bengku ini sangat strategis dalam segi apapun. Sehingga cocok dijadikan Kampung KB. Bahkan untuk mendukung hal itu kita buatkan profil perkampungan ini. Dari profil inilah yang akan kita kirimkan ke Pak Jokowi. Jika tak ada hambatan, Mei mendatang kita membahas Kampung KB ini dengan Bupati Bintan,” katanya.

Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPKB) Bintan, Kartini mengaku siap dalam mendukung Kampung KB di Bintan. Karena dengan program ini juga akan membuat masyarakat di perkampungan tersebut lebih sejahtera.

“Kita harapkan kesejahteraan tidak hanya di Kampung Bengku saja. Tetapi bisa menjalar keseluruh perkampungan yang ada di Bintan,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar