BIN Perlakukan Samadikun Bak Sahabat, Kepala BIN: Karena Dia Minta Maaf dan Menyesal

376
Pesona Indonesia
Kepala BIN Sutiyoso (kiri) saat menyerahkan buron kasus Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono (tengah) ke Jaksa Agung HM Prasetyo (kanan) tiba di Bandara Halim Perdanakusums, Jakarta, Kamis (21/4/2016). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA
Kepala BIN Sutiyoso (kiri) saat menyerahkan buron kasus Likuiditas Bank Indonesia (BLBI) Samadikun Hartono (tengah) ke Jaksa Agung HM Prasetyo (kanan) tiba di Bandara Halim Perdanakusums, Jakarta, Kamis (21/4/2016). FOTO: MIFTAHULHAYAT/JAWA

batampos.co.id – Ada pemandangan menarik saat pemulangan buronan korupsi Samadikun Hartono (Ho Sioe Koen). Selain dipulangkan menggunakan jet carteran, Samadikun juga tidak diborgol.

Saat tiba di Bandara Halim Perdanakusumah Jakarta, Kamis (21/4/2016) malam, Samadikun melenggang santai didampingi Kepala BIN Suytiyoso. Bahkan, tampak Jaksa Agung HM Prasetyo ikut menyambutnya layaknya seorang tamu penting.

Pria yang telah merugikan uang negara sekitar Rp 169 miliar (tahun 2003) itu pun kemudian berjalan santai bersama rombongan ‎Kepala BIN Sutiyoso dan Jaksa Agung HM Prasetyo. Bahkan Prasetyo tampak menunjukkan arah akan dilewati Samadikun sambil tersenyum.

Bandingkan dengan perlakuan yang dilakukan KPK saat memulangkan terpidana kasus korupsi proyek Hambalang M Nazaruddin dari Kolombia 2011 silam.

Mereka sama-sama dipulangkan via bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta. Saat memulangkan Nazaruddin, KPK menjaga buronannya dengan sangat ketat.

Begitu pesawat mendarat di Halim, para petugas langsung memakaikan rompi anti peluru, lalu memasang borgol di salah satu tangan Nazaruddin ke satu tangan petugas. Dia benar-benar diperlakukan bak penjahat kelas atas.

Nah, terkait perlakuan istimewa itu, Sutiyoso menuturkan, pihaknya tidak ingin memborgol Samadikun karena sangat kooperatif. Bahkan, dia juga meminta maaf atas prilakunya selama ini. “Dia minta maaf ke pemerintah dan masyarakat,” tegasnya. (jpnn/nur)

Baca Juga:
> Bareskrim Jemput Buron Korupsi Bailout Century di Singapura
> Samadikun Hartono, Buron Kasus BLBI Tiba di Jakarta Tanpa Diborgol
> Perjalanan Bisnis Samadikun Hartono, Perampok Dana BLBI
> 10 Data dan Fakta Samadikun Hartono (Ho Sioe Koen), Penilep Dana BLBI
> Berkat Rio Haryanto, Buronan Kasus BLBI Itu Akhirnya Tertangkap
> Pemerintah Tempuh Proses Prosedural untuk Pulangkan Buron BLBI
> 14 Tahun Buron Kasus BLBI, Hartono Segera Dipulangkan ke Indonesia
> Buru 33 Koruptor di Luar Negeri, BIN Yakin Berhasil

Respon Anda?

komentar