Jadi Syarat Daftar Polisi, Permohonan SKCK Meningkat

997
Pesona Indonesia
Surat keterangan catatan kepolisian. foto:net
Surat keterangan catatan kepolisian. foto:net

batampos.co.id – Minat masyarakat Kabupaten Karimun, khusus remaja untuk dapat menjadi anggota Polri terus meningkat. Selain dilihat dari jumlah yang sudah mendaftar secara online, juga dilihat dari kelengkapan administrasi yang harus dipenuhi. Yakni, pembuatan Surat Keterangan Catatan Kriminal (SKCK) yang meningkat dalam sebulan terakhir.

”Kalau kita melihat, setiap harinya lebih 10 pemohon yang mengajukan permohonan untuk pembuatan SKCK. Sampai dengan siang ini (kemarin, red) sudah kita keluarkan 202 SKCK,’’ ujar Kasat Intel Kam Polres Karimun AKP Daeng Riandika Mahardani SIK, Jumat (21/4).

Jumlah tersebut, kata Riandika, terdiri dari tiga jenis jurusan atau sesuai dengan keinginan pelamar untuk mengajukan permohonan lamaran ke jalur mana. Secara umum, pemohon untuk pembuatan SKCK lebih banyak untuk melamar menjadi anggota Polri di jalur Bintara dengan jumlah 180 orang. Kemudian, selebihnya permohonan untuk Tamtama 15 orang dan untuk melamar ke Taruna Akademi Kepolisian (Akpol) sebanyak 7 orang.

Menyinggung tentang kemungkinan bertambahnya permohonan pada hari-hari berikutnya, Riandika menyatakan, sesuai dengan pengalaman pada tahun-tahun sebelumnya, maka semakin mendekati waktu penutupan biasanya permohonan akan semakin meningkat.

”Seminggu atau tiga hari sebelum penutupan atau sebelum 30 April sebagai batas akhir waktu pendaftaran akan lebih banyak lagi yang mengajukan permohonan. Misalnya, jika dalam satu hari hanya 10 permohonan, maka jumlahnya bisa mencapai 20 permohonan,’’ ungkapnya.

Sejak dibuka penerimaan menjadi anggota Polri pada Jumat (8/4) dua pekan lalu, jumlah peminat yang ingin melamar sudah mencapai 80 orang.

Saat ini yang sudah mendaftar sesuai dengan SKCK sudah dapat dikatakan sebanyak 202 orang. Dan, penerimaan tahun ini terdiri dari 4 kategori. Yakni, Bintara Brigadir Khusus Pembantu Penyidik dengan syarat minimal tamatan S1. Kemudian, Bintara Brigadir, Tamtama dan Taruna Akpol. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar