Tak Lolos Tes, Pencaker di PT Epcos Menangis

1934
Pesona Indonesia
Ribuan pencari kerja antri untuk melamar kerja ke PT Epcos di Asrama Haji Batamcenter,  Jumat (22/4). Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Ribuan pencari kerja antri untuk melamar kerja ke PT Epcos di Asrama Haji Batamcenter, Jumat (22/4). Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Tak penuhi persyaratan, pencaker atas nama, Hati Isa Nduru, menangis. Isa adalah salah satu dari ribuan pencaker yang memadati Asrama Haji Batamcenter, Jumat (22/4).

Kemarin, PT Epcos Indonesia-Batam produsen komponen elektronik membuka lowongan kerja operator khusus untuk perempuan. Belum diketahui pasti jumlah yang pekerja yang akan diterima perusahaan yang beroperasi di Panbil Industrial Estate itu.

“Gimana gak mau nangis, bayangkan aku udah nganggur lama kali, sudah setahun,” kata wanita asal Nias ini.

Awalnya, Isa sambangi Asrama Haji sejak pagi, namun dia disuruh pulang pihak PT Epcos lantaran dia hanya membawa fotocopy dari persyaratan. “Tadi bawa fotokopi KTP sama Ijazah,” katanya.

Sadar berkas yang dia bawa tak penuhi syarat, dia lantas pulang mengambil yang asli namun sayang umurnya terlampau tua. Dia lahir 1984, itu artinya umurnya 32, sementara batas maksimal umur yang disampaikan perusahaan padanya adalah 30 tahun.

“Ayoklah buk, bantulah buk,” ucap Isa sambil terisak kala meminta bantuan salah satu karyawan PT Epcos.

Kepada koran Batam Pos (grup batampos.co.id), Isa selama menganggur kerap meminta uang pada orang tua di kampung jika bekalnya tak ada lagi. “Bayangkan bayar kos, makan sehari-hari, sampai masa aktif SKCK gak mampu aku perpanjang,” katanya.

Pencaker lain yang tak lolos, Lina mengaku sangat berharap diterima. Apalagi kini dia sudah menganggur tiga bulan. “Sayang tadi gak lolos waktu tes tertulis, matematika yang rendah,” katanya.

Lanjut dia, untuk sampai tahapan tes tulis, kelengkapan berkas dicek, jika lolos langsung diukur tinggi badan yang minimal 155 centimeter, setelah itu baru mengikuti tes tertulis di aula Arafah 1 gedung tersebut.

“Salah satu, gak lolos langsung pulang,” katanya.

Namun sayang, jumlah pekerja yang akan diterima dalam penerimaan kali ini belum diketahui.

“Maaf mas kalau jumlah yang diterima langsung keperusahaan saja,” ucap wanita yang mengaku sebagai Human Resourch Departement PT Epcos.

Batam Pos lantas sambangi kantor PT Epcos di Panbil. “Semua Manajemennya di sana (Asrama HAji,” kata seorang Satpam. (cr13)

Respon Anda?

komentar