Infrastruktur Lebih Penting Ketimbang Kantor Kepala Daerah

289
Pesona Indonesia
Wapres Jusuf Kalla. (Foto: JPNN)
Wapres Jusuf Kalla. (Foto: JPNN)

batampos.co.id – Wakil Presiden Jusuf Kalla menyatakan bahwa kantor pemerintahan daerah tak perlu besar dan mewah. Menurutnya, hal yang diperlukan daerah adalah pembangunan infrastruktur.

JK -sapaannya- mengatakan hal itu saat berpidato pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke 20 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Kulonprogo, Yogyakarta, Senin (25/4). Menurutnya, para kepala daerah tak perlu berlomba-lomba membangun kantor yang megah.

“Pembangunan daerah tidak berarti membangun kantor yang besar. Yang penting jalan, pengairan,” katanya pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke 20 yang digelar Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) di Kulonprogo, Yogyakarta, Senin (25/4).

JK -sapaan beken Jusuf Kalla- menegaskan, kantor yang besar, mewah, belum tentu memberikan kesejahteraan masyarakat. “Tapi pertanian, lahan jembatan, itu memberikan kesejahteraan yang baik,” tegasnya,.

Lebih lanjut JK mengatakan, untuk bisa mewujudkan hal itu maka diperlukan peran  nyata gubernur, bupati, wali kota hingga kepala desa. Karenanya, setiap kepala daerah memang dituntut memiliki inovasi dan kreativitas.

“Di sinilah letaknya kenapa ada yang dapat penghargaan dan belum. Yang dapat tentu telah memberikan inovasi dan krativitas di samping kegiatan-kegiatan lain yang bermanfaat,” kata JK.

Selain itu JK juga mengatakan, Indonesia kini telah secara resmi memasuki era Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA). Dengan demikian barang-barang dari negara di Asia Tenggara bisa dijual bebas di Indonesia.

“MEA artinya semua orang bebas jual barang dan jasa ke negara ASEAN  tanpa halangan. Apabila Indonesia tidak memenangi pasar, barang-barang ASEAN sudah masuk ke negeri ini,” ujar JK.(gir/jpnn)

Respon Anda?

komentar