DPRD Batam Apresiasi Pemko sebab Pasang CCTV di Tempat Keramaian

339
Pesona Indonesia
Tumpukan sampah di pinggir Jalan Trans Barelang. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Tumpukan sampah di pinggir Jalan Trans Barelang. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – DPRD Kota Batam mengapresiasi Pemko Batam yang mulai melakukan penegakan perda pengelolaan sampah no 11 tahun 2013. Salah satu langkah yang perlu untuk penagakannya adalah dengan memasang CCTV di keramaian. Ini untuk merekam warga yang buang sampah sembarangan.

“Jadi ketika ada warga yang tertangkap buang sampah, maka ini bisa langsung terekam. Dan warga tersebut tidak bisa mengelak,” kata Riki Indrakari, ketua Pansus Perda sampah, Minggu (24/4).

Kata Riki, hal seperti ini sudah diterapkan di negara-negara maju. Fungsi lain dari CCTV ini adalah memberikan rasa segan atau takut bagi warga yang hendak buang sampah sembarangan.

“Kalau warga tahu ada CCTV, maka sudah pasti enggan untuk buang sampah sembarangan,” katanya.

Dalam tahap awal, ia berharap CCTV ini akan dipasang di tempat-tempat keramaian di pinggir jalan. Atau tempat-tempat yang biasa dijadikan warga sebagai tempat pembuangan sampah, padahal bukan Tempat Pembungan Sementara (TPS).

“Kalau pengadaannya bisa bertahap. Ini akan sangat bagus. Selain untuk sampah, CCTV ini juga sekaligus mendukung perda ketertiban umum,” katanya.

Ketika ada warga tertangkap tangan buang sampah sembarangan, maka tim yustisi bisa langsung menindak. Pembuang sampah harus ditindak dan diadili di persidangan, tentunya membayar denda seperti yang diatur dalam Perda.

“Harus ada resi bukti pelanggan dan harus disetor ke bank,” katanya.

Sementara itu, kepala dinas kebersihan dan pertamanan Suleman Nababan mengatakan penindakan dan implementasi perda pengelolaan sampah ini mulai ditegakkan. Ia berharap warga bisa memiliki kesadaran untuk tidak buang sampah sembarangan.

“Kalau ada ditemukan, maka akan langsung kita tindak. Buanglah sampah di tempat yang sudah disiapkan,” katanya.

Menurutnya, tempat-tempat umum dan keramaian harus bersih. Ini menjadi citra Batam, apalagi Batam sebagai daerah destinasi wisata. Terkait CCTV, ia mengaku masih akan membahasnya. Meski menurutnya, ide tersebut adalah ide yang bagus.

“Kita akan bicarakan dulu. Intinya, kita mendukung, agar Batam ini tetap bersih, dan asri,” katanya. (ian)

Respon Anda?

komentar