Kenal via Facebook, Sebulan Bawa Lari Harta Berharga

427
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Lagi-lagi gadis tertipu kawan baru yang dikenalnya melalui facebook.

Adalah OAH, 32, yang berhasil perdayai AC, 29.

Bahkan, setelah satu bulan berkomunikasi dan pacaran dengan AC, warga Kabupaten Garut itu berhasil telah membawa kabur uang tunai Rp 500 ribu serta dua unit sepeda motor milik AC dan bibinya, Yayah.

Yakni Honda Revo nopol  Z 5678 KH dan Vega ZR nopol Z 4107 TW berikut STNK dan BPKB. Selain itu, pelaku juga membawa kabur lima unit ponsel milik keduanya.

Merasa tertipu, AC dan Yayah (62) warga Lingkungan Cibeureum RT 03/10 Kelurahan Sindangrasa Kecamatan/Kabupaten Ciamis melaporkan OAH ke Polsek Ciamis.

Cerita bermula dari perkenalan AC dengan pelaku satu bulan lalu, melalui media sosial Facebook. Sebelum melakukan pertemuan langsung, pelaku dan AC sepakat untuk menjalin asmara. Minggu pekan lalu, pelaku akhirnya menemui AC di tempat kerjanya di salah satu rumah makan di Ciamis kota.

Sejak saat itu, pelaku sering berkunjung ke rumah AC. Dia mengaku sedang mengurus bisnis pakaian. Pada hari Kamis (21/4) dia menginap di rumah AC sampai hari Sabtu.

Sebelum pulang, pelaku meminjam sepeda motor Revo milik wanita yang telah menjadi pacarnya itu dengan alasan untuk mencari order. Saat itu AC hendak berangkat kerja.

Karena percaya, AC menyerahkan sepeda motornya berikut STNK dan BPKB. Dia juga menyerahkan tiga unit handphone dan uang sebesar Rp 500 ribu kepada pelaku.

“Saya juga (antara) sadar dan tidak sadar (saat menyerahkan uang, hape dan sepeda motor, red). Mungkin dihipnotis. Ditunggu sampai malam (pelaku) tidak datang juga. Saya kena tipu,” papar AC, saat ditemui di rumahnya kemarin (24/4).

Di hari yang sama, lanjut AC, pelaku mendatangi rumah bibinya bernama Yayah sekitar pukul 09.00. Dia tidak mengetahui hal tersebut karena sudah berangkat kerja.

Pelaku datang untuk meminjam sepeda motor Vega ZR. Saat itu dia berpura-pura akan membantu Yayah membayarkan pajak sepeda motor. Yayah juga memberikan sepeda motornya berikut surat-surat.

Menurut AC, saat awal berkunjung ke rumah, pihak keluarga tidak ada yang curiga. Pelaku tidak menunjukkan perilaku mencurigakan. Bahkan pria yang memiliki ciri-ciri berbadan tinggi gemuk, mata sipit, rambut cepak, kulit sawo matang itu pernah memberikan kipas angin dan pompa air kepada keluarganya.

“Saya tidak menyangka dia baik itu ternyata mau menipu keluarga saya. Semoga dia tertangkap dan diproses hukum,” ucapnya.

Kasat Reskrim Polres Ciamis AKP Roland Olaf  Ferdinan SH membenarkan adanya laporan kasus penipuan yang dilaporkan ke Polsek Ciamis. Hingga kini kasus tersebut masih diselidiki oleh polsek.

“Namun yang jelas kita ketahui ini penipuan yang berpura-pura jadi pacar dan baik, sehingga dua motor dan lima hape milik kedua korban dibawa kabur,” tandasnya. (isr/sam/jpnn)

Respon Anda?

komentar