La Memo dan Dewi Yuliawati Wakili Indonesia pada Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro

652
Pesona Indonesia

rio-olympicsbatampos.co.id – La Memo dan Dewi Yuliawati, memenuhi ambisinya dengan memastikan berangkat ke Brasil pada musim panas ke Olimpiade 2016 di Rio de Janeiro, Brasil, melalui caban golahraga rowing.

Tiket itu diperoleh setelah Memo dan Dewi sukses menembus babak final nomor Single Sculls putra (M1X) dan putri (W1X) pada Kejuaraan Dayung Asia-Oceania 2016 di Chung-Ju, Korea Selatan, Minggu (24/4). Kebetulan, kejuaraan itu sekaligus babak kualifikasi untuk Olimpiade 2016.

“Memo dan Dewi telah mencetak sejarah bagi Rowing Indonesia. Kini, Memo tercatat sebagai atlet rowing putra pertama yang lolos kualifikasi Olimpiade dan Dewi sebagai atlet rowing putri kedua setelah Perte Caroba dari Papua yang tampil di Olimpiade Athena 2004,” kata Manajer Tim Dayung Indonesia, Edy Suyono dikutip dari RRI.

“Perahu saya sempat kurang laju karena pengaruh angin kencang datang dari depan. Tapi, saya senang kerja keras selama ini telah membuahkan hasil dengan meraih tiket ke Olimpiade 2016,” kata Memo.

Dewi menyahuti, “Ya, saya juga senang bisa lolos ke Olimpiade 2016. Hasil ini sudah maksimal apalagi saya sempat mengalami gangguan tenggorokan karena pengaruh cuaca.”

Dalam babak final, Senin (25/4), Memo akan bersaing dengan atlet asal Irak, Thailand, Kazakhstan, Korea Selatan, dan India.

“Saya akan berusaha tampil lepas dan sekuat tenaga untuk mempersembahkan medali untuk Merah Putih,” kata Memo.

Di lain sisi, Dewi bersaing dengan atlet Kazakhstan, Vietnam, Taipei, Korea Selatan, dan Iran.

“Saya ingin mengulang sejarah sukses tahun lalu dimana saya meraih perak pada Kejuaraan Dayung Asia di Beijing, China 2015”.

Meski sudah meloloskan Memo dan Dewi, Tim Dayung Indonesia masih berpeluang menambah jumlah atlet yang tampil di Rio de Janeiro.

“Peluang kami masih ada di kelas LM2X atas nama Tanzil dan Ihram. Kalau mereka bisa menembus posisi ketiga dalam pertandingan final, Senin (25/4), akan mendapatkan tiket ke Rio de Jeneiro,” kata Edy.

Dengan keberhasilan Memo dan Dewi, berarti Indonesia sudah memastikan 12 tiket ke Olimpiade 2016. Sepuluh tiket lain diraih masing-masing 7 dari cabang olahraga angkat berat, 2 dari panahan, dan satu dari atletik. (ira/JPG)

Respon Anda?

komentar