Top, Bintan Termasuk 10 Kabupaten Berkinerja Terbaik

434
Pesona Indonesia
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo.

batampos.co.id – Kabupaten Bintan di Kepulauan Riau menjadi satu-satunya daerah di Kepulauan Riau yang meraih penghargaan Satyalancana Karyabhakti Praja Nugraha dari Kementerian Dalam Negeri. Kabupaten yang dulu bernama Kepulauan Riau itu dianggap memiliki kinerja terbaik.

Bintan memang tidak sendirian. Ada sembilan kabupaten lainnya yang menerima penghargaan serupa. Yakni Tulungagung, Pinrang, Sidoarjo, Pasaman, Nganjuk, Bantul, Lamongan, Kudus dan Kulonprogo dinyatakan memiliki kinerja terbaik  berdasarkan hasil evaluasi kinerja penyelenggaraan pemerintahan daerah (EKPPD) terhadap laporan penyelenggaraan pemerintahan daerah (LPPD).

Selain itu ada pula pemerintah kota penerima penghargaan adalah Satyalancana Karyabhakti. Yakni Surabaya, Semarang, Probolinggo, Samarinda, Madiun, Balikpapan, Surakarta, Malang, Blitar dan Mojokerto.

Sedangkan untuk pemerintah provinsi ada tiga yang meraih penghargaan itu. Yaitu Jawa Tengah, Jawa Timur dan Jawa Barat

“Pengumuman hasil evaluasi LPPD itu merupakan langkah strategis pemerintah pusat untuk menilai keberhasilan daerah dalam pelaksanaan otonomi daerah. Sekaligus sebagai bentuk bahan kebijakan dalam meningkatkan kapasitas penyelenggaraan pemerintahan daerah,” ujar Mendagri Tjahjo Kumolo pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah (Otda) ke 20 di Kulonprogo, Daerah Istimewa Yogyakarta, Senin (25/4).

Menurut Tjahjo, sampai saat ini pelaksanaan EKPPD terhadap LPPD sudah dilakukan enam tahun berturut-turut. Terhadap kepala daerah yang merepresentasikan pemerintah daerah berprestasi kinerja terbaik, diberi penghargaan tanda kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha.

“Pada pemerintah provinsi, kabupaten dan kota yang telah tiga tahun berturut-turut berprestasi kinerja tertinggi, akan diusulkan pemberian penghargaan Tanda Kehormatan Parasamya Purnakarya Nugraha sesuai ketentuan yang berlaku,” ujarnya.

Tahun ini penghargaan tersebut diberikan kepada Pemkab Kulonprogo, Pemkab Pasaman, Pemkot Semarang dan Pemkot Probolinggo.(gir/jpnn)

Respon Anda?

komentar