Warga Suku Laut Ini Butuh Uluran Tangan Anda

494
Pesona Indonesia
Ari,33, warga suku laut penderita sakit paru-saat hendak dibawa ke rumah sakit. foto: hasbi/batampos
Ari,33, warga suku laut penderita sakit paru-saat hendak dirujuk ke rumah sakit. foto: hasbi/batampos

batampos.co.id – Sudah setahun Ari, 33, warga suku laut menderita penyakit paru-paru. Warga suku laut Pulau Kojong, Desa Pena’ah, tersebut kini dirawat di Rumah Sakit Umum Lapangan dan membutuhkan bantuan dari semua pihak.

Kondisi Ari lemah. Badannya semakin kurus. Setahun ini Ari terbaring di rumahnya di Pulau Kojong. Dengan inisiatif keluarga, pemerintah desa dan aktifis suku laut, Densy Diaz, membawa Ari ke Puskesmas Desa Pulau Pena’ah. Namun kondisinya yang mengkhawatirkan, Ari kemudian dibawa ke RSUL Daik.

“Sudah satu tahun Ari menderita sakit paru-paru. Kamis (21/4) kemarin sudah dibawa ke RSUL,” tutur Diaz.

Disampaikan Diaz, sulit sekali akses yang belum memadai untuk mengangkut pasien. Hal inilah yang menjadi kendala. Minimnya fasilitas membuat warga sulit mendapat perawatan kesehatan.

“Kita lewat pelabuhan dari Limbung, menggunakan pompong. Akses sangat minim sekali bagi warga pesisir dan suku laut mendapat fasilitas kesehatan. Kita mohon bantuan dari semua pihak, membantu saudara-saudara kita seperti Ari yang sedang sakit, semoga lekas sembuh” jelasnya.

Soal administrasi, kata Diaz, berdasarkan kebijakan bupati sudah digratiskan bagi suku laut. Ia berharap, tangan-tangan dingin membantu Ari yang butuh transfusi darah B. Selain itu, kondisi wilayah yang jauh, kata Diaz, sudah seharusnya Pena’ah memiliki dokter keluarga. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar