Gempa 5,5 SR Guncang Papua, Warga Berhamburan Keluar Rumah

297
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: AFP
Ilustrasi. Foto: AFP

batampos.co.id – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,5 Skala Richter mengguncang wilayah Oksibil, Keerom dan Papua pada hari Selasa (26/4) pukul 13.19 WIT atau 11.19 WIB hari ini.

Kepala Bidang Mitigasi Gempabumi dan Tsunami pada Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Dr. Daryono dalam rilisnya menyatakan, pusat gempa bumi terletak pada koordinat 4,44 Lintang Selatan (LS) dan 140,25 Bujur Timur (BT) tepatnya di darat pada jarak 32 km Barat Laut Pegunungan Bintang-Papua kedalaman hoposenter 111 kilometer (km).

“Gempa bumi ini dirasakan di Oksibil III-IV MMI, di Keerom III-IV MMI dan di Jayapura dan Wamena III MMI. Saat guncangan gempa bumi terjadi dilaporkan banyak warga masyarakat di Oksibil dan Keerom berhamburan berlarian keluar rumah menyelamatkan diri,” kata Daryono kepada Pojoksatu.

Daryono mengungkapkan gempa bumi ini ditinjau berdasarkan kedalamannya merupakan gempa bumi menengah. Dilihat dari lokasi hiposesenternya, gempa bumi ini terletak di lajur subduksi di bawah zona Highlan Thrust Belt (HTH) daratan Papua, sehingga dugaan kuat bahwa gempabumi ini memang disebabkan oleh aktivitas subduksi menengah.

Sebelumnya, pada tanggal 25 Juli 2015 lalu, gempa bumi tektonik berkekuatan 7,2 SR juga mengguncang daerah Mamberamo Raya dan dirasakan di Jayapura II-III MMI, Sarmi IV MMI, Wamena III MMI, dan Sentani II-III MMI menimbulkan kerusakan ringan pada beberapa bangunan rumah di Memberamo dan sekitarnya. (PS)

Respon Anda?

komentar