Nurdin Buka MTQ Tanjungpinang

398
Pesona Indonesia
Plt Gubernur Kepri membuka MTQ Tanjungpinang. foto:humas pemrov
Plt Gubernur Kepri membuka MTQ Tanjungpinang. foto:humas pemrov

batampos.co.id – Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur Kepri, Nurdin Basirun membuka perhelatan Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke X Tingkat Kota Tanjungpinang, yang ditandai dengan pemukulan bedug di Terminal Seicarang Bintan Center, Minggu (24/4) malam.

Perhelatan tahunan itu digelar selama tanggal 23-29 April 2016, dan dipusatkan di Terminal Seicarang Bintan Center.

Plt Gubernur Kepri, Nurdin Basirun berharap, MTQ yang dilaksanakan di setiap kabupaten kota se-Kepri tidak hanya sebagai ajang mencari peserta terbaik. “Tujuan utama haruslah untuk menjadikan Alquran sebagai pedoman hidup yang hakiki serta membumikan Alquran,” ujar Nurdin, di Terminal Seicarang, Minggu (24/4) malam.

Dalam kesempatan tersebut, Nurdin mengatakan, ia selalu hadir dalam perhelatan MTQ, baik itu pelaksanaan tingkat kelurahan maupun kecamatan. Dan selama penyelenggaraan itu, dikatakannya nuansa agama dalam membumikan Alquran sangat kentara. ” Ini bukti bahwa masyarakat Kepri cinta Alquran serta memahami nilai-nilai Alquran dengan mengaplikasikan sebagai pondasi untuk pembangunan Kepri,” ujarnya.

Senada dengan itu, Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah juga mengatakan, MTQ harus mampu menciptakan nuansa religius dan ketenangan bagi masyarakat. Disamping itu, meningkatkan ukhuwah islamiyah dan pemahaman Alquran bagi generasi muda dan masyarakat di Kota Tanjungpinang.

Sementara itu, Ketua Lembaga Pengembagan Tilawatil Quran (LPTQ) Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan, setiap cabang yang dilombakan pada kegiatan MTQ setiap tahun dari tingkat Kelurahan, kecamatan, kota/kabupaten, provinsi, maupun nasional, bisa menjadi barometer untuk mengukur hasil dari pelaksanaan MTQ. Barometer keberhasilan dapat dilihat dengan adanya kegiatan pembelajaran Alquran yang berlangsung di masyarakat, seperti di Taman Pendidikan Alquran (TPA) dan lainnya.

“Dengan demikian, daerah akan mampu melakukan pengkaderan qori/qoriah yang berprestasi secara mandiri, sehingga dapat mengirimkan qori/qoriah yang baru pada setiap penyelenggaraan musabaqah,” ujarnya.

Adapun cabang yang diperlombakan dalam MTQ Tanjungpinang, yaitu cabang tilawah Alquran, yang terdiri dari golongan tilawah anak-anak, remaja, dan dewasa putra dan putri, kemudian golongan tartil, qiraat saba’ah putra dan putri.

Kemudian cabang hifzh Alquran, golongan 1 juz, 5 juz, dan 10 juz. Selanjutnya cabang fahmil quran, cabang sahril quran.

Selain itu, cabang khat Alquran terdiri dari golongan naskah dan hiasan mushaf, serta dekorasi. Serta cabang M2IQ. Ada juga perlombaan qasidah, marawis remaja dan dewasa, serta bazar. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar