Otonomi Daerah Harusnya Tingkatkan Kesejahteraan Rakyat

395
Pesona Indonesia
Wakil Bupati Lingga M Nizar memimpin apel peringatan hari otonomi daerah di lapangan kantor Bupati Lingga. foto:hasbi/batampos
Wakil Bupati Lingga M Nizar memimpin apel peringatan hari otonomi daerah di lapangan kantor Bupati Lingga. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Wakil Bupati Lingga Muhammad Nizar, mempimpin apel peringatan Hari Otonomi Daerah ke-20, di halaman kantor Bupati Lingga, Senin (25/4) pagi.

Momentum yang diperingati dengan kegiatan apel pagi mengangkat tema, “Memantapkan Otonomi Daerah menghadapi tantangan masyarakat Ekonomi Asean (MEA)”. Dalam apel tersebut, hadir seluruh jajaran pegawai kantor pemerintahan seKabupaten Lingga. Ikut juga pelajar sekolah se Kelurahan Daik.

M Nizar, dalam sambutannya menyampaikan amanat dari Mendagri Tjahjo Kumolo. Salah satunya terkait penguatan program Nawa Cita Presiden RI Jokowi-JK.

Dikatakan Nizar, Mendagri menegaskan, implementasi kebijakan otonomi daerah, haruslah ditujukan pada peningkatkan kesejahteraan rakyat. Salah satunya melalui peningkatan kualitas pelayanan publik.

Selain itu, pemerintah daerah juga dituntut untuk mampu menata elemen otonomi daerah, seiring telah diberlakukan kebijakan Masyarakat Ekonomi Asean. Untuk mempercepat pencapaian tujuan Nawa Cita yang diusung pemerintah Indonesia, pemerintah daerah diminta untuk mewujudkan efesiensi dan efektivitas penyelenggaraan negara dibidang ekonomi, sehingga mendorong pertumbuhan iklim investasi di Indonesia.

Mendagri dalam pidato yang dibacakan Muhammad Nizar tersebut, juga menyampaikan instruksi Presiden kepada seluruh jajarannya untuk melaksanakan simplikasi regulasi.

“Untuk itu, setiap daerah perlu mengoreksi kembali setiap kebijakan yang tidak sinkron dengan peraturan yang lebih tinggi daripadanya,” ucap Nizar.

Ia juga meminta daerah membatalkan segala bentuk peraturan yang menghambat investasi dan perizinan.

Menutup pidatonya, “Mendagri berharap semoga dengan semangat otonomi daerah, kita dapat merefleksikan kembali makna otonomi daerah dan menjadi spirit untuk melakukan yang terbaik bagi negeri ini,” tutup Nizar. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar