Semiun, Pulau Terluar yang Hanya Dihuni Dua Kepala Keluarga

755
Pesona Indonesia
Pulau Semiun. foto:debbiers.blogspot.com
Pulau Semiun. foto:debbiers.blogspot.com

batampos.co.id – Natuna dikenal memiliki banyak pulau terluar yang berada di wilayah perbatasan beberapa negara tetangga, baik yang sudah dihuni maupun belum dihuni.

Selain terdapat Pulau Sekatung di Kecamatan Pulau Laut, yang sudah dihuni beberapa kepala keluarga. Ternyata masih terdapat Pulau Semiun yang hanya dihuni dua kepala keluarga. Pulau Semiun, luasnya sekitar 18 kilometer persegi.

Pulau ini berada disebelah Barat Laut berbatasan dengan Anambas. Secara administrasi masuk dalam wilayah Kecamatan Pulau Laut. Berbatasan wilayah Kecamatan Bunguran Utara.

Dua kepala keluarga yang menempati Pulau Semiun, sudah bertahun-tahun tinggal di pulau. Bertahan hidup dengan kondisi seadanya, dengan minimnya fasilitas dan sarana dasar dari pemerintah. Tidak ada listrik, air bersih dan pelayanan kesehatan.

Menurut pengakuan warga Semiun, kebutuhan hidup dibeli dari Pulau Laut. Sering barter dengan hasil alam, kelapa dan ikan.

Kasi Keamanan dan Ketertiban Umum Kecamatan Pulau Laut Bambang Erawan mengatakan, Pulau Semiun berada di 30 mil laut dari Pulau Laut dan sekitar 180 mil laut dari Anambas. Kehidupan warga di Semiun hanya mengandalkan hasil alam. Perkebunan kelapa dan cengkeh.

“Jadi pulau itu hanya lima jiwa yang ditempati, memang sudah lama segitu. Dulunya pulau itu tempat singgah kapal ikan asing,” ujar Bambang, Senin (25/4).

Pulau Semiun, kata Bambang, termasuk pulau tempat bertelurnya habitat penyu. Termasuk penghasil telur terbesar setelah Pulau Sekatung. “Pulau Semiun, sangat diperlukan dibangun fasilitas dan sarana prasarana dasar, listrik, air bersih dan pelabuhan yang layak,” kata Bambang. (arn/bpos)

Respon Anda?

komentar