114 Ibu Rumah Tangga di Batam Menderita HIV/AIDS, PSK Cuma 87 Orang

1382
Ilustrasi penderita HIV/AIDS. Foto: istimewa
Ilustrasi penderita HIV/AIDS. Foto: istimewa

batampos.co.id – Penderita HIV/AID di Batam tak hanya dari kalangan pekerja seks komersial (PSK). Justru tren saat ini banyak ibu rumah tangga yang menderita penyakit mematikan tersebut.

Tahun 2015 lalu, data Dinas Kesehatan Kota Batam menunjukkan ada 114 ibu rumah tangga yang menderita HIV, bahkan sudah sampai pada tahap AIDS.

Diduga banyaknya ibu rumah tangga yang terjangkit HIV/AIDS ini akibat ulah suaminya yang suka jajan di luar. Bisa jadi jajan PSK dengan sistem online yang lagi tren saat ini, maupun ke lokalisasi dan tempat-tempat yang menyediakan prostitusi terselubung lainnya.

Suami yang suka jajan ini kemudian kembali ke rumah tanpa rasa berdosa lalu menularkan penyakit mematikan itu ke sang istri yang tidak tahu apa-apa.

“Kita berharap para suami maupun istri untuk setia pada pasangan sah masing-masing. Ini bisa menghindarkan dari terjangkit penyakit HIV/AIDS,” ujar Kepala Bidang Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Dinkes Kota Batam, Sri Rupiati, belum lama ini.

Jumlah tersebut bisa jadi hanya sebagian kecil dari sekian banyak ibu rumah tangga yang menderita HIV/AIDS. Sebab, penyakit satu ini seperti fenomena gunung es yang muncul di permukaan sedikit, tapi menguruita di dasar lautan.

Artinya, data Dinkes Batam itu hanya tercatat dari penderita yang memeriksakan diri di puskesmas, rumah sakit, maupun klinik lainnya yang ada di Batam. Belum termasuk mereka yang belum memeriksakan diri atau enggan memeriksakan diri.

Selain ibu rumah tangga, penderita HIV/AIDS lainnya dari kalangan pekerja sebanyak 163 orang, pekerja seks komersial 87 orang, pekerja salon atau panti pijat 50 orang, tenaga kerja indonesi (TKI) tiga orang, dan mahasiswa dua orang. (cr17/nur)

Baca Juga:
> 6 Pejabat Pelanggan PSK Online di Batam Akan Diperiksa
> Ada Nama Oknum Pengusaha dan Pejabat Pemprov Kepri di Daftar Pelanggan Prostitusi Online di Batam
> Polisi Tetapkan 4 Orang Tersangka Terkait Prostitusi Online di Batam
> Siap-Siap, Pelanggan PSK Online di Batam Dicari Polisi
> Polisi Bongkar Jaringan Prostitusi Online di Batam

Respon Anda?

komentar