1MDB di Ambang Kebangkrutan

776
Pesona Indonesia
1MDB yang terancam bangkrut.
1MDB yang terancam bangkrut.

batampos.co.id – Gagal membayar utang obligasi USD 1,75 miliar atau setara Rp 23,1 triliun, perusahaan pendanaan invesatasi Malaysia, 1MDB, di ambang kebangkrutan.

Utang bunga yang gagal dibayar itu sebenarnya jatuh tempo pada Senin (25/4/2016), namun 1MDB baru mengumumkan, Selasa (26/4). Bunga utang tersebut tercatat USD 50 juta (Rp 660,05 miliar).

’’Ini adalah pengakuan lain yang dengan jelas menyatakan bahwa 1MDB akan bergantung sepenuhnya pada pemerintah Malaysia untuk menyelamatkan mereka dari krisis utang yang terus berkembang,’’ ujar Tony Pua, anggota parlemen dari Partai Aksi Demokrasi.

Menurut 1MDB, mereka gagal membayar bunga utang tersebut gara-gara sengketa dengan International Petroleum Investment Co (IPIC). Karena sengketa itu, 1MDB menunda pembayaran utangnya. Selama ini IPC merupakan penjamin utang untuk 1MDB.

Lembaga investasi milik Abu Dhabi tersebut awal bulan lalu menuding 1MDB gagal membayar pinjaman USD 1 miliar (Rp 13,2 triliun) pada mereka. 1MDB sendiri bersikukuh bahwa mereka telah membayar pinjaman tersebut. Namun, menurut IPC, uang itu ditransfer ke perusahaan yang tidak ada hubungannya dengan mereka.

Sengketa tersebut kian memicu rumor bahwa uang itu dialihkan seperti skandal 1MDB selama ini. Gara-gara hal itu, IPC akhirnya menolak menjamin utang obligasi hingga 1MDB melunasi utangnya ke mereka. (AFP/sha/c15/ami/jpnn)

Respon Anda?

komentar