Karimun Dianugerahi Kabupaten Eleminasi Malaria

370
Pesona Indonesia
Bupati Karimun Aunur Rafiq menerima penghargaan yang diserajkan Menteri Kesehatan  Nila Moeloek di Bengkulu, Senin (25/4). foto:ist
Bupati Karimun Aunur Rafiq menerima penghargaan yang diserajkan Menteri Kesehatan Nila Moeloek di Bengkulu, Senin (25/4). foto:ist

batampos.co.id – Kabupaten Karimun mendapat sertifikasi kabupaten/kota yang sudah eliminasi malaria. Sertifikasi diserahkan langsung oleh Menteri Kesehatan Nila Moeloek dalam puncak peringatan Hari Malaria Sedunia di Lapangan Bukit Peninjauan 2, Sukaraja, Bengkulu, Senin (25/4) lalu.

Keberhasilan Bumi Berazam diikuti lima kabupaten/kota se Indonesia. Kabupaten Siak (Riau), Kabupaten Buol (Sulteng), Kabupaten Sigi (Sulteng), Kabupaten Buton Utara (Sulawesi Tenggara), dan Kota Bau-bau, Sulawesi Tenggara. Dengan begitu, sudah ada 238 kabupaten/kota di Indonesia yang menerima sertifikasi eleminasi malaria.

“Hari ini, ditambah 6 kabupaten/kota yang sudah eliminasi malaria. Jadi, total yang sudah eliminasi malaria mencapai 238 kabupaten/kota,” ungkap Nila Moeloek.

Selain menyerahkan sertifikasi bebas malaria, Menkes juga secara resmi menyerahkan kelambu kepada masyarakat Desa Bukit Peninjauan II, Kecamatan Sukaraja, Kabupaten Seluma. Selanjutnya Menkes meninjau pelaksanaan Mass Blood Survey Malaria.

Bupati Karimun Aunur Rafiq mengaku pencapaian yang diraih Kabupaten Karimun sebagai daerah bebas malaria tidak terlepas dari peran serta seluruh masyarakat. Di mana, seluruh elemen masyarakat saling bahu membahu memberantas penyebaran penyakit malaria dengan menjaga kebersihan lingkungan masing-masing.

“Terima kasih saya ucapkan kepada pemerintah melalui Menteri Kesehatan yang telah menganugerahkan Kabupaten Karimun Karimun sebagai daerah bebas malaria. Tentunya kesuksesan ini tidak terlepas dari peran masyarakat yang ikut menjaga kebersihan lingkungan masing-masing,” tutur Rafiq.

Dengan penghargaan ini, Rafiq pun berharap merupakan langkah awal untuk mencapai program menuju Karimun Sehat 2020. Artinya, tingkat kesehatan masyarakat Bumi Berazam akan lebih baik. (enl/bpos)

Respon Anda?

komentar