PKL sudah Direlokasi, Jalur Lingkar Pasar Solok Bisa Dilalui

576
Pesona Indonesia
Foto: Padeks.co/JPG
Foto: Padeks.co/JPG

batampos.co.id – Ruas jalan lingkar Pasar Raya Solok dari Simpang Gapura Pasar Semi Modern-Simpang Airmati akhirnya terbuka untuk lalulintas kendaraan umum. Ini setelah ratusan PKL yang menempati kawasan itu direlokasi ke tempat lain.

Sejak sepekan terakhir mulai muncul nuansa baru di lingkungan pusat  pebelanjaan publik tersebut. Pengunjung merasa lega masuk pasar dari arah belakang. Tanpa harus lagi saling desak dalam suasana yang sumpek, serta becek don kotor.

Kepala Kantor Pengelolaan Pasar Raya Solok, Fidly Wendi didampingi Kasi Penertiban, Markos Syofyan, Senin (25/4), menuturkan, pemungsian jalan lingkar pasar bertujuan untuk mengurai kesemrautan di lingkungan Pasar Solok. Sekaligus mengembalikan fungsi fasiltas umum sesuai peruntukannya.

Badan jalan yang mengitari komplek pertokoan Pasar Raya bagian belakang (Simpang Pasar Semi Modern – Simpang Masjid Al Ikhlas Koto Panjang) dan barat (Masjid Alikhlas – Simpang Airmati), panjang sekitar 500 meter, sudah bertahun-tahun diserobot PKL. Akibatnya wajah pasar menjadi tak karuan.

Terlebih di hari pasar, Selasa dan Jumat, jumlah PKL tak jarang membludak dua kali lipat. Mereka diantaranya menjual sayuran dan buah, ikan kering, ikan basah, ayam potong, pakakain obral, makanan, bahan dapur, sampai barang kebutuhan ekstra rumahtangga.

Karena merasa sudah menjadi pedagang sejak lama, bahkan berketurunan, penertibannya cenderung menghadapi kendala.

Untuk mempertahankan kondisi ini, Pemko Solok melalui Kantor Pengelolaan Pasar dan Dinas Perhubungan, semenjak sepekan lalu telah memasang rambu penunjuk arah berbelok ke kiri di Simpang Air Mati.

Dengan demikian seluruh kendaraan roda empat ke atas dari arah Air Mati wajib masuk Jalan Lingkar Pasar Raya, sementara dari arah berok tetap seperti semula.(JPG)

Respon Anda?

komentar