RT/RW Harus Jadi Penggiat Antinarkoba

378
Pesona Indonesia
Kegiatan asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba bersama BNNK Karimun. foto:ist
Kegiatan asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba bersama BNNK Karimun. foto:ist

batampos.co.id – Kegiatan asistensi penguatan pembangunan berwawasan anti narkoba dengan melibatkan masyarakat, kembali digelar Badan Nasional Narkotika Kabupaten (BNNK) Karimun. Kali ini, sejumlah ketua rukun tetangga (RT), dan ketua rukun warga (RW) se Kelurahan Seiraya, Kecamatan Meral mengikuti kegiatan yang dipusatkan di ruang rapat Jamiyyatul Birri Masjid Agung Karimun, Senin (25/4) lalu.

Kepala Seksi Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNNK Karimun Akmal Firdaus, menjadi narasumber. Tujuan kegiatan sebagai langkah atau upaya kelanjutan dari kegiatan Membangun Jejaring Pembangunan Berwawasan Anti Narkoba di Kelurahan Seiraya. Khususnya pembekalan tentang pengetahuan narkoba.

Diharapkan kelompok masyarakat terutama Ketua RT/RW harus menjadi penggiat anti narkoba. Mengingat, kejahatan narkotika telah sangat menyebar, dan sama-sama harus diperangi.

“Tanpa dukungan masyarakat, BNN tidak akan pernah dapat memerangi kejahatan narkoba. Untuk itu, pembekalan pengetahuan, sekaligus pemetaan daerah rawan narkoba diberikan dengan harapan masyarakat ikut terlibat langsung memerangi narkoba,” tegas Akmal.

Selain itu, tujuan kegiatan juga untuk meningkatkan komitmen dan sinergi seluruh kelompok masyarakat Seiraya dalam upaya penanganan permasalahan narkoba melalui program pembangunan. Oleh karenanya diharapkan mampu meningkatkan kontribusi nyata dari kelompok masyarakat dalam upaya penangan permasalahan narkoba.

“Dalam asistensi tadi, kita juga meminta peserta untuk menyusun rancangan kegiatan yang akan dilaksanakan di lingkungan RT/RW masing-masing. Kegiatan tersebut meliputi upaya pencegahan, rehabilitasi penyalahguna narkoba, dan upaya pemberantasan,” beber Akmal. (enl/bpos)

Respon Anda?

komentar