Doyan Tahu Tempe? Ternyata Banyak Loh Manfaatnya

789
Pesona Indonesia

023828_527039_kedelai_besar_shutterstock

batampos.co.id – Anda gemar mengkonsumsi tahu, tempe, dan makanan hasil fermentasi lainnya? Kabar baiknya, makanan tersebut banyak khasiatya.

Makanan fermentasi adalah makanan yang terkena bakteri tertentu, yang mengarah ke pemecahan karbohidrat dan perkembangan mikroorganisme. Namun jangan khawatir, proses fermentasi bermanfaat dalam makanan.

Berikut ini beberapa manfaat makanan fermentasi, seperti dilansir laman Fox News, Rabu (27/4).

1. Usus sehat.

Setelah difermentasi, makanan mengandung lebih banyak bakteri ramah yang juga dikenal sebagai probiotik. Itu berfungsi menjaga keseimbangan yang tepat dari bakteri dalam usus.

Studi menunjukkan bahwa menjaga usus yang sehat bisa menurunkan risiko kanker usus besar. Pilih yogurt rendah gula, seperti yogurt Yunani polos.

2. Berat badan.

Bakteri mengatur respon inflamasi dalam tubuh Anda. Dengan makan makanan fermentasi, Anda bisa mengurangi peradangan tingkat rendah dalam tubuh. Selanjutnya, menjaga usus sehat bisa bantu menjaga berat badan yang sehat. Misalnya, mikroba usus memengaruhi resistensi insulin tubuh dan deposisi kelebihan kalori.

3. Menjaga pencernaan.

Bakteri sehat dalam makanan fermentasi menghasilkan enzim yang memecah makanan, membuat nutrisi lebih mudah diakses bagi tubuh dan menjaga makanan tetap bergerak.

Secara khusus, mengonsumsi sayuran yang difermentasi memiliki dua kali keuntungan, karena sering menjadi sumber serat yang baik. Di samping itu, membantu dalam mempertahankan usus microbiome yang sehat juga.

4. Meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Membantu memelihara lapisan mukosa yang sehat di saluran pencernaan Anda, yang berfungsi sebagai penghalang fisik untuk zat berbahaya. Serta membantu dalam produksi antibodi yang melawan infeksi.

Tempe, merupakan sumber protein vegetarian populer yang dibuat dari fermentasi kedelai. Satu setengah cangkir tempe mengandung 160 kalori dan 16 g protein.

5. Detoksifikasi.

Mengonsumsi makanan fermentasi, merupakan sarana proaktif untuk memerangi racun dalam tubuh, karena memiliki kemampuan unik untuk menurunkan atau menghancurkan racun dan menghapusnya dari tubuh.(fny/chi/jpnn)

Respon Anda?

komentar