Pak Jokowi, Masih Ingat Piagam Perjuangan Marsinah?

391
Pesona Indonesia
Anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka. Foto: dokumen JPNN.Com
Anggota Komisi IX DPR Rieke Diah Pitaloka.
Foto: dokumen JPNN.Com

batampos.co.id – Anggota Komisi IX DPR yang membidangi ketenagakerjaan, Rieke Diah Pitaloka meminta Presiden Joko Widodo mengingat lagi Piagam Perjuangan Marsinah. Sebab, Jokowi -sapaan Joko Widodo- pernah menandatangani piagam itu pada 1 Mei 2014, atau saat masa kampanye pemilihan presiden 2014.

Rieke mengatakan, Marsinah merupakan seorang buruh yang meninggal pada 8 Mei 1993 dalam usia 24 tahun.  Pekerja pabrik di Porong, Sidoarjo itu dibunuh karena aktivitasnya yang getol memperjuangkan hak-hak para buruh di Jawa Timur.

“Saya minta Pak Jokowi ingat piagam yang sudah dia tanda tangani itu,” kata Rieke di DPR, Senayan Jakarta, Kamis (28/4).

Rieke yang dikenal dekat dengan kalangan buruh itu mengatakan, Piagam Perjuangan Marsinah memuat tri elemen tentang hal layak bagi buruh atau Tri Layak. Yakni layak kerja, layak upah dan layak hidup.

Dalam pandangan Rieke, saat ini ada kesen Presiden Jokowi lupa dengan janji-janjinya terhadap buruh melalui Piagam Perjuangan Marsinah. Karenanya Rieke pun meminta Jokowi mengingat lagi Piagam Perjuangan Marsinah.

“Kalau Jokowi setelah jadi presiden ingat akan janji-janji tertulisnya itu, pasti Jokowi akan bekerja keras mewujudkan Tri Layak,” pungkasnya.(fas/jpnn)

Respon Anda?

komentar