Ingat, Bukan Eranya Lagi PNS Asal Kerja

437
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (MenPAN-RB) Yuddy Chrisnandi terus mengingatkan pegawai negeri sipil (PNS) agar bisa bekerja optimal dan berkontribusi positif bagi masyarakat. Menurutnya, kini sudah bukan zamannya PNS asal kerja.

Yuddy menegaskan, saat ini setiap PNS dituntut untuk bisa memberikan kontribusi kinerja yang jelas dan terukur kepada institusinya.  “PNS zaman sekarang harus lebih profesional dan memenuhi standar kompetensi yang sama di berbagai daerah, sehingga kualitas serta kapasitasnya setara,” ujar Yuddy melalui siaran pers KemenPAN-RB, Kamis (28/4).

Lebih lanjut Yuddy mengatakan, dengan standardisasi kompetensi maka tidak ada lagi ketimpangan kualitas antara PNS di pusat dengan daerah, Jawa dengan luar Jawa, antar Indonesia bagian barat dengan timur. Ia menegaskan, kondisi itu memungkinkan setiap PNS yang kini bernama aparatur sipil negara (ASN) ditugaskan di berbagai instansi dan wilayah di tanah air. “Sehingga fungsi ASN sebagai perekat NKRI terwujud,” terangnya.

Yuddy juga mengatakan, saat ini KemenPAN-RB sedang membangun penguatan manajemen SDM Aparatur untuk meningkatkan profesionalisme ASN. Tujuannya agar setiap ASN memiliki daya saing kuat.

Menurutnya, dalam era Masyarakat Ekonomi Asean (MEA) maka  ASN harus berperan dan mampu memberikan kontribusi pada perekonomian nasional. Antara lain dengan menempatkan diri sebagai pelayan masyarakat sebaik mungkin.

“Peran birokrasi harus mampu menjadi katalisator perubahan masyarakat ke arah yang lebih baik. Setiap ASN harus mampu menjadi teladan di lingkungannya masing-masing untuk menyongsong berbagai perubahan,” imbuhnya.‎(esy/jpnn)

Respon Anda?

komentar