Pintu PAN Sudah Tertutup bagi Ahok

455
Pesona Indonesia
Gubernur DKI Jakarta, Tjahaya Purnama alias Ahok. Foto: istimewa
Gubernur DKI Jakarta, Tjahaya Purnama alias Ahok. Foto: istimewa

batampos.co.id – Partai Amanat Nasional (PAN) menutup pintu bagi Basuki T Purnama alias Ahok pada pemilihan Gubernur DKI tahun depan. Partai pimpinan Zulkifli Hasan itu pun memilih mengusung figur lain.

Ketua DPP PAN Yandri Susanto mengatakan, partainya jelas tak mungkin lagi mendukung Ahok. Terlebih gubernur DKI pengganti Joko Widodo itu secara terbuka menyebut pendiri PAN, Amien Rais sudah lupa dan pikun.

Menurut Yandri, PAN juga punya tokoh yang layak diusung untuk pemilihan gubernur DKI. Yakni Suyoto yang kini menjadi Bupati Bojonegoro.

Selain itu ada Rustam Effendi yang baru saja mundur dari kursi Wali Kota Jakarta Barat. PAN mengapresiasi sikap tegas Rustam yang berani berseberangan dengan Ahok.

“Suyoto layak untuk PAN, tokoh alternatif. Tapi yang beredar sekarang boleh juga. Rustam Effendi boleh juga kalau mau dimunculkan,” kata Yandri kepada wartawan di gedung DPR Jakarta, Kamis (28/4).

Sebelumnya, Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan memang mengaku tertarik pada Ahok sebagai salah satu kandidat yang akan diusung pada pilkada DKI 2017. Hanya saja, kini elite PAN marah ke Ahok karena menyebut Amien sudah pikun.

Menurut Yandri, tudingan Ahok ke Amien itu sangat tendensius dan membuat warga PAN tersinggung. Yandri juga menganggap reaksi Ahok menunjukkan bekas Bupati Belitung Timur itu antikritik.

“Sangat tendensius itu. Itu kader dan konstituen tersinggung. Itu kan artinya pantang dikritik. Harusnya dia berterimakasih kalau dia dikritik. Bukan malah menyerang balik,” tambah Yandri, menanggapi sikap Ahok.(fat/jpnn)

Respon Anda?

komentar