Kemenag Kepri Mulai Seleksi Petugas Haji

404
Pesona Indonesia
Pembukaan seleksi di Kakanwil Kemenag Kepri, oleh Abu Sofyan, Rabu (27/4). foto:humas Kakanwil Kemenag Kepri
Pembukaan seleksi di Kakanwil Kemenag Kepri, oleh Abu Sofyan, Rabu (27/4). foto:humas Kakanwil Kemenag Kepri

batampos.co.id – Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kanwil Kemenag) Provinsi Kepulauan Riau telah memulai tahapan seleksi dan penerimaan petugas haji yang menyertai jamaah, Tim Pemandu Haji Indonesia, (TPHI) dan Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Arab Saudi (Non Kloter) tahun 1437 H.

Kepala Kanwil Kemenag Kepri yang dalam pembukaan secara resmi diwakili oleh Kepala Bidang Pendidikan Madrasah Abu Sufyan, menyampaikan tugas utama petugas haji adalah pengabdian dan keikhlasan. Yaitu pengabdian kepada negara dan pengabdian kepada jamaah haji, serta ikhlas dalam menjalankan pengabdian itu.

“Oleh karena itu saya mengharapkan saudara memiliki niat yang baik, serta keinginan yang kuat untuk membantu pemerintah serta memberikan pengabdian kepada jamaah haji dalam rangka mensukseskan penyelenggaraan ibadah haji tahun ini”, ucapnya, Rabu (27/4) kemarin.

Tahun ini, Kanwil Kemenag Kepri mendapatkan alokasi petugas kloter sebanyak empat orang yaitu dua orang TPHI sebagai ketua kloter dan dua orang TPIHI sebagai pembimbing ibadah. Sedangkan petugas PPIH Arab Saudi (Non Kloter) sebanyak tiga orang, untuk pelayanan umum dua orang dan satu orang pengolah data dan siskohat.

Hasil seleksi tingkat Kabupaten/kota hari ini dilaksanakan serentak di tujuh kabupaten/kota dan di Kanwil Kemenag Kepri. Hasil seleksi akan mengirimkan satu orang dengan nilai tertinggi pada setiap formasi yang ada untuk mengikuti test di tingkat Kanwil Kemenag Kepri pada 12 Mei 2016 mendatang.

“Niatkanlah dalam hati sanubari bahwa saudara mengikuti tes ini adalah untuk membantu para jamaah haji bukan niat untuk menunaikan ibadah haji bagi yang belum haji dan bukan niat untuk menunaikan ibadah haji lagi bagi yang sudah pernah dan bukan pula untuk mendapatkan honor petugas semata”, pesan Abu Sufyan.

Sementara itu Abu Sufyan mengatakan tujuan utama penyelenggaraan ibadah haji sebagaimana amanat UU No. 13 Tahun 2008 tentang Penyelenggaraan Ibadah Haji adalah untuk memberikan pembinaan, pelayanan, dan perlindungan yang sebaik-baiknya bagi jamaah haji sehingga jamaah haji dapat menunaikan ibadahnya sesuai dengan ketentuan ajaran agama Islam.

“Seleksi petugas haji di lingkungan Kanwil Kemenag Kepri ini adalah bagian dari strategi Kementerian Agama untuk memilih calon petugas yang handal, professional, dan berakhlak baik sehingga mampu memberikan tugas-tugas pembinaan, pelayanan serta perlindungan yang sebaik-baiknya bagi jamaah”, ucapnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar