Mantan Ketua KPU Karimun Menangkan Gugatan di MA

309
Pesona Indonesia
Bambang. foto:net
Bambang. foto:net

batampos.co.id – Pemberhentian terhadap Bambang dari jabatan sebagai ketua dan anggota KPU Kabupaten Karimun dua tahun lalu oleh KPU Kepri berujung gugatan ke Pengadilan Tata Usaha Negara (PTUN) Kepri. Gugatan yang diajukan tersebut dimenangkan oleh Bambang sampai dengan putusan Mahkamah Agung (MA).

”Dalam kasus ini, perlu diingat bahwa saya hanya mengajukan gugatan ke PTUN Kepri dan gugatan tersebut dikabulkan. Kemudian, KPU Kepri melakukan banding ke PT TUN di Medan. Di tingkat banding tersebut saya tetap dimenangkan. Sampai akhirnya masalah ini dilakukan upaya hukum kasasi ke MA yang akhirnya tetap menolak kasasi KPU Kepri,” ujar Bambang, Rabu (27/4).

Putusan Kasasi tersebut, kata Bambang, sudah diputus oleh MA pada September 2015. Hanya saja, dia baru menerima petikan hasil putusannya. Untuk itu, mengenai putusan kasasi dari MA ini, pada awalnya dia akan menyampaikan surat ke PTUN Kepri untuk mengeksekusi putusan MA. Hanya saja, setelah berkonsultasi, ternyata tidak perlu memasukkan surat permohonan untuk eksekusi. Karena, sesuai dengan ketentuan 3 bulan setelah diterimanya putusan, tidak dilaksanakan putusan ini, maka dapat dilakukan eksekusi.

Soal upaya hukum selanjutnya, Bambang menjelaskan, sepertinya tidak menghalangi untuk menjalani putusan ini. ”Yang jelas, saya tidak tahu apakah masalah ini bisa sampai ke ranah PK. Yang jelas, masalah ini akan saya sampaikan ke KPU Kepri agar dapat ditindaklanjuti sesuai dengan apa yang diputuskan,” ungkapnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar