Pawai Ta’ruf Meriahkan MTQ Natuna, Warga Tumpah Ruah di Jalan

337
Pesona Indonesia
Tari pembukaan MTQ Natuna di Desa Kelarik. foto:aulia rahman/batampos
Tari pembukaan MTQ Natuna di Desa Kelarik. foto:aulia rahman/batampos

batampos.co.id – Ribuan masyarakat Natuna mengikuti pawai ta’ruf dalam rangka pembukaan Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Kabupaten Natuna VIII di Desa Kelarik, Kecamatan Bunguran Utara, Selasa (26/4).

Pawai ta’ruf dengan berjalan kaki diikuti kafilah masing masing kecamatan dan sejumlah SKPD sekitar 2.700 peserta. Dimulai dari lapangan bola Desa Kelarik, menuju lokasi MTQ yang berjarak sekitar 2 kilometer berjalan kaki melintasi rumah penduduk.

Peserta terbanyak Kecamatan Bunguran Utara selaku tuan rumah dengan 600 peserta. Satu persatu Kecamatan menampilkan berbagai pertunjukan demi mendapatkan nilai terbaik. Seperti halnya Kecamatan Bunguran Barat menampilkan pertunjukan perang uhud pada zaman Nabi Muhammad SAW. Kecamatan Bunguran Tengah menampilkan tarian bambu dan alunan musik angklung yang dimainkan pelajar SLTP dan SMA. Kecamatan Pulau Tiga menampilkan kesenian pencak silat. Kemudian penampilan drum band serta parade pakaian dari berbagai corak seperti pertanian, nelayan serta tentara dan polisi.

Selain ribuan peserta yang ikut dalam pawai, ribuan masyarakat Natuna juga tumpah ruah di sepanjang jalan untuk menyaksikan pawai ta’ruf.

Camat Bunguran Utara, Izhar mengatakan, MTQ kali ini diikuti 12 Kecamatan, yaitu Kecamatan Bunguran Timur, Bunguran Timur Laut, Bunguran Selatan, Bunguran Barat, Bunguran Tengah, Bunguran Utara, Pulau Tiga, Pulau Laut, Midai, Subi, Serasan, dan Serasan Timur. Sedangkan tiga kecamatan yang baru dimekarkan, hanya ikut partisipasi dalam acara pawai ta’ruf.

“Tadi yang ikut pawai Ta’ruf 12 kecamatan dan ikut meramaikan dua kecamatan baru seperti kecamatan Suak Midai dan Bunguran Batubi. Alhamdulillah acara berjalan dengan lancar,” kata Izhar di lokasi acara.

Sebelum acara pawai ta’ruf, kata Izhar, Senin (25/4) malam, telah dilaksanakan malam ta’ruf. Kemudian Selasa (26/4) malam dilaksanakan pembukaan MTQ serta pembukaan stand bazar oleh Bupati Natuna Ilyas Sabli.

Sebagai panitia pelaksana sekaligus tuan rumah perhelatan MTQ, Izhar mengatakan, pelaksanaan tahap awal penyelenggaraan berjalan dengan lancar. Berbagai kendala kecil seperti penyediaan air bersih sudah bisa diatasi dengan bantuan mobil tangki.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar