Untungkan Pekerja, Pemerintah Dorong Perusahaan Bentuk Koperasi

730
Pesona Indonesia
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Batam mendorong perusahaan memiliki koperasi bagi karyawannya. Dengan adanya koperasi itu, Pemko Batam, siap memfasilitasi pendistribusian barang khususnya sembako dari Perum Bulog bagi para pekerja dengan harga layaknya di tingkat distributor. Sehingga, pekerja diuntungkan.

“Sehingga barang yang diterima karyawan merupakan barang dengan harga distributor. Artinya lebih murah dari harga pasaran,” kata Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad.

Bahkan, Pemko juga siap menyalurkan dana bergulir dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Pasar, Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (PMPK-UKM) untuk koperasi karyawan tersebut.

“Dalam Perda Rancangan Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) Kota Batam, juga langsung dibunyikan tentang (anjuran pembentukan) koperasi pekerja ini,” ujarnya.

Wakil Wali Kota mengatakan sejauh ini pihaknya sudah membicarakan hal ini dengan Anggota Komisi IV DPRD Batam. Tujuannya, agar wakil rakyat di parlemen itu juga membantu untuk turut mendesak perusahaan segera membentuk koperasi tersebut.

“Bahkan, setiap pembahasan dengan dewan pengupahan ataupun serikat pekerja, kita senantiasa mengusulkan perusahaan untuk membuat koperasi karyawan,” kata dia.

Sejauh ini, dari seluruh perusahaan di Batam, hanya 29 persen yang memiliki koperasi karyawan.

Sementara itu, Ketua Komisi IV DPRD Kota Batam, Ricky Indrakari mengatakan pihaknya sudah mendesak agar semua perusahaan di Batam memiliki koperasi. Nantinya, koperasi tersebut bisa menyalurkan sembako murah untuk pekerja.

“Hal ini untuk meningkatkan daya beli pekerja,” katanya.

Selain koperasi karyawan, ia juga menyikapi banyaknya keluhan dari perusahaan khususnya perusahaan multinasional terhadap tata kelola ketenagakerjaan di Batam. Sehingga perlu pembenahan lebih baik lagi untuk Batam.

“Perusahaan-perusahaan tersebut antusias untuk menyalurkan Corporate Social Responsibility (CSR) di Kota Batam,” paparnya. (rna)

Respon Anda?

komentar