Warga Anambas Dapat Raskin Impor dari Vietnam

391
Pesona Indonesia
Proses bongkar muat beras raskin di gudang Bulog Antang. foto:syahid/batampos
Proses bongkar muat beras raskin di gudang Bulog Antang. foto:syahid/batampos

batampos.co.id – Beras untuk masyarakat miskin (Raskin) Kabupaten Kepulauan Anambas sudah datang pada Minggu (24/4) malam. Beras tersebut merupakan beras impor dari Vietnam. Tahun ini Anambas mendapatkan raskin sebanyak 561.780 kilogram (kg).

Beras tersebut dikemas dalam karung ukuran 50 kg. Setelah tiba di Pelabuhan Antang, beras langsung dibongkar oleh beberapa pegawai bongkar muat di pelabuhan setempat. Beras diangkut dari pelabuhan
menuju gudang dengan menggunakan kendaraan roda tiga.

Beras ini dibagikan kepada sekitar 3.121 Rumah Tangga Sasaran (RTS). Satu RTS mendapatkan 15 kg. RTS harus membayar beras itu dengan harga Rp 1.600 per kg. Jadi setiap RTS harus mengeluarkan uang Rp24 ribu untuk mendapatkan beras sebanyak 15 kg.

Kepala Gudang Bulog Baru Siantan, Yunedi, mengatakan, pada pengiriman beras pertama ini pihaknya mendatangkan sebanyak 400 ton. Kemudian sisanya akan dikirim lagi pada tiga atau empat bulan kedepan. “Untuk pengiriman pertama 400 ton dulu, sisanya nanti tiga atau empat bulan
lagi,” ungkapnya kepada wartawan Rabu (27/4) siang.

Yunedi mengatakan untuk pembagiannya dilakukan per bulan. Dalam satu bulan ada sekitar 46.815 kg beras yang harus disalurkan kepada RTS. Komposisinya 13.800 RTS dari APBN dan 33.015 dari APBD. “Jadi dalam satu tahun ada sekitar 165.600 kg dari APBN dan 396.180 dari APBD sehingga totalnya menjadi 561.780 kg,” ungkap Yunedi.

Pendistribusian sendiri, kata Yunedi, untuk wilayah Tarempa, warga bisa langsung datang ke gudang bulog tapi untuk daerah luar Tarempa bisa melalui kecamatan masing-masing. “Kalau untuk wilayah Tarempa, bisa langsung, karena jika ke kecamatan dulu, terlalu jauh bagi warga yang tinggal di sekitar gudang ini,” ungkap Yunedi.

Pada tahun sebelumnya warga Anambas juga mendapatkan beras raskin dari Vietnam dengan jumlah yang kurang lebih sama. Tahun ini merupakan tahun kedua Anambas mendapatkan beras dari Vietnam. (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar