OJK Dorong Bank Perbanyak Kantor Cabang

443
Pesona Indonesia
Bagian dalam kantor OJK. Foto: jawapos
Bagian dalam kantor OJK. Foto: jawapos

batampos.co.id – Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berupaya menurunkan bunga kredit dengan meningkatkan efisiensi bank. Salah satunya menawarkan insentif ketika bank membuka kantor cabang baru.

Sesuai dengan ketentuan Bank Indonesia (BI), izin pembukaan kantor cabang diberikan berdasar alokasi modal inti bank. Oleh OJK, insentif berupa penurunan ketentuan modal inti diberikan bila bank berhasil mencapai rasio efisiensi yang ditetapkan.

Kepala Eksekutif Pengawas Perbankan OJK Nelson Tampubolon menjelaskan, ukuran efisiensi bagi bank adalah margin bunga bersih (net interest margin/NIM) dan biaya operasional terhadap pendapatan operasional (BOPO).

Makin rendah bunga deposito jika dibandingkan bunga kredit yang diberikan bank, makin rendah pula NIM-nya. ’’Insentif diberikan bila NIM bank kurang dari 4,5 persen,’’ jelas Deputi Komisioner Pengawas Perbankan 1 OJK Mulya E. Siregar.

Saat ini rata-rata NIM bank mencapai 5,5 persen meski ada sejumlah bank yang NIM-nya kurang dari 4,5 persen. Insentif kemudahan pembukaan kantor cabang juga diberikan kalau BOPO bank kurang dari 75 persen bagi bank umum kelompok usaha (BUKU) III atau memiliki modal inti Rp 5 triliun–Rp 30 triliun serta bank BUKU IV (modal inti minimal Rp 30 triliun).

BUKU I dengan modal inti kurang dari Rp 1 triliun dan BUKU II (modal inti Rp 1 triliun hingga kurang dari Rp 5 triliun) mendapat insentif jika BOPO-nya kurang dari 85 persen.

Nelson mengakui, insentif akan lebih banyak digunakan BUKU I dan BUKU II karena saat ini banyak BUKU III dan BUKU IV yang mempunyai BOPO lebih dari 80 persen. Jika bank tidak efisien setelah insentif diberikan, tutur Nelson, OJK akan melakukan supervisory action dengan potensi penalti bila bank tidak mampu menjaga kesehatan.

Merujuk data OJK, ada 20 bank yang bisa memanfaatkan insentif pembukaan kantor cabang. Perinciannya, 13 BUKU I, 2 BUKU II, 4 BUKU III, dan 1 BUKU IV. Kantor cabang baru dibuka bank untuk meningkatkan ekspansi penyaluran kredit serta pengumpulan dana murah melalui program tabungan dan giro. (dee/c14/noe/jpgrup)

Respon Anda?

komentar