Polres Libatkan Disdukcapil dan LSM untuk Periksa Berkas Pendaftar Polisi

509
Pesona Indonesia
Pemeriksaan berkas penerimaan anggota Polri. Foto:Osias De/Batampos
Pemeriksaan berkas penerimaan anggota Polri. Foto:Osias De/Batampos

batampos.co.id – Polres Tanjungpinang melibatkan Dinas Pendidikan dan Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil serta Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) dalam pemeriksaan berkas kelengkapan pendaftar anggota Kepolisian Republik Indonesia (Polri) tahun 2016.

Kabag Sumda Polres Tanjungpinang Kompol Hotlan Butar Butar mengatakan, proses pemeriksaan tahap awal bagi para pelamar ini harus dilakukan secara cermat. Termasuk, pemeriksaan terhadap kelengkapan persyaratan administrasi dari pelamar yang bersangkutan. Jangan sampai terjadi manipulasi data adminitsrasi, maupun hasil pemeriksaan fisik.

”Maka kami bekerjasama dengan Dinas Pendidikan untuk memeriksa apakah ijasah, nilai, tahun lulus, dan yang berkaitan dengan pendidikan pelamar yang bersangkutan itu sudah benar-benar memenuhi syarat atau tidak,”ujarnya.

Dikatakan Hotlan, pihaknya juga menggandeng Disdukcapil untuk memeriksa dokumen kependudukan dari pelamar yang bersangkutan, seperti KTP, Akta Kelahiran, KK, dan sebagainya.

Disebutkan Hotlan, empat lowongan dibuka untuk penermaan polisi tahun ini, yakni Taruna Akademi Kepolisian, Bintara Polri, Bintara Khusus Penyidik Pembantu, Tamtama Brimob dan Polair. Animo masyarakat untuk lowongan Bintara Khusus Penyidik Pembantu masih sepi pendaftar.

ā€¯Hingga Kamis (28/4) kemarin, belum ada satu pun pendaftar yang menyerahkan lamaran ke Polres Tanjungpinang khusus Bintara Khusus Penyidik Pembantu. Total pendaftar sebanyak 116 orang, terdiri dari 6 orang mendaftar sebagai Taruna Akpol, 104 orang daftar di Bintara Polri,” sebut Hotlan.

Hotlan juga mengatakan, dalam perekrutan calon anggota Polri tersebut, pihak Polres Tanjungpinang hanya memfasilitasi pendaftaran awal hingga tanggal 30 April mendatang. Untuk proses lainnya tersebut sudah masuk dalam wewenang Polda Kepri.

”Kami hanya perantara saja, semua pendaftar akan diantar ke Polda Kepri untuk proses lebih lanjut. Setelah kami mengecek kelengkapan adminstrasinya,” pungkas Hotlan.(ias/bpos)

Respon Anda?

komentar