Tanjungpinang Lulus Penilaian Adipura Tahap Pertama

290
Pesona Indonesia
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. foto:yusnadi/batampos
Walikota Tanjungpinang, Lis Darmansyah. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Kota Tanjungpinang berhasil lolos dalam penilaian Adipura tahap pertama, yang dilaksanakan oleh tim penilai pusat pada Desember 2015- Januari 2016 lalu.

“Kita memperoleh nilai 70, dan itu artinya kita masuk nominasi untuk verifikasi yang dimulai hari ini (kemarin, red),” ujar Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul, Kamis (28/4).

Setelah itu, lanjutnya, pihaknya tinggal menunggu pengumuman perolehan piala Adipura. “Verifikasi itu sudah tahap akhir,” ujarnya.

Dalam penilaian Adipura, ada kriteria atau fokus penilaian, yang meliputi antara lain jalan, pasar, perumahan, tempat pembuangan akhir (TPA), pengolahan sampah dan daerah aliran sungai (DAS).

“Dari beberapa kriteria itu, yang paling utama adalah TPA. Penilai akan melihat TPA terlebih dahulu. Jika TPA tidak masuk dalam penilaian, maka mereka tidak akan melanjutkan penilaian lainnya. Alhamdulillah kita lolos,” ujar Syahrul.

Dalam penilaian tahap pertama, kata dia, masih ditemukan beberapa kekurangan, yaitu kebersihan di beberapa perumahan serta kawasan pasar. “Tapi itu sudah diatasi dengan gotong royong yang sering kita lakukan,” ujarnya.

Supaya kebersihan lingkungan tetap terjaga, Syahrul meminta kepada RT, RW, lurah dan camat untuk mengawasi lingkungan masing-masing. Serta memberi pemahaman kepada warganya untuk menjaga kebersihan. “Saya optimis Tanjungpinang memperoleh piala Adipura,” ujarnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar