Tim Terpadu Robohkan Ratusan Kios Liar di Simpang Frengki

819
Pesona Indonesia
Satu alat berat  merobohkan kios-kios liar yang berdiri di jalur hijau Simpang Frengki, Batamcenter, Jumat (29/4) pagi. Foto: Den Bagus Alfan/ facebook
Satu alat berat merobohkan kios-kios liar yang berdiri di jalur hijau Simpang Frengki, Batamcenter, Jumat (29/4) pagi. Foto: Den Bagus Alfan/ facebook

batampos.co.id – Tim Terpadu Penertiban Kota Batam kembali membongkar kios-kios liar yang berdiri di row jalan. Kali ini, Tim Terpadu membongkar 110 kios liar yang berdiri diatas zona hijau Simpang Frengki, Batamcenter, Jumat (29/4) pagi.

”Kita sudah kasih tahu, bahkan sebagian pemilik sudah membongkar sendiri kiosnya,” kata Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Batam, Hendri.

Menurut Hendri, pembongkaran kios liar tak hanya di sisi kiri dari arah Simpang Frengki menuju ke Royal Sincom, Batamcenter. Namun juga, di sisi kanan jalan yang berdiri kios liarnya.

”Apalagi yang sisi kiri itu kan ada jalur pipa gas, objek vital yang juga membahayakan jika sewaktu-waktu bocor karena aktivitas kios liar tersebut,” papar Hendri.

Untuk pembongkaran kali ini, Tim Terpadu menurunkan satu alat berat untuk merobohkan bangunan-bangunan permanen yang berdiri di jalur hijau itu. Begitu juga, pembongkaran kali ini akan didampingi aparat keamanan gabungan seperti Satpol PP dan TNI/Polri.

”Sama seperti di Simpang Tropicana pekan lalu, alat berat dan aparat keamanan kita turunkan untuk mengamankan jalannya pembongkaran,” katanya.

Lebih lanjut, Hendri juga mengungkap pembongkaran itu juga didukung oleh organisasi kemasyarakatan (ormas) yang sebelumnya disebut-sebut membekingi kios liar di wilayah itu. ”Tidak, mereka justru mendukung penuh pemerintah untuk ketertiban Kota Batam,” katanya.

Meski begitu, Kepala Satpol PP juga menekankan jika pihaknya pilih jalur persuasif atau imbauan agar pemilik kios membongkar sendiri bangunannya. ”Kita tidak mau ada hal-hal yang tak diinginkan, karena kita ingin Batam ini kondusif,” tegasnya lagi.

“Alhamdulillah, penertibannya berjalan lancar, itu karena kita tegas. Dalam arti, kita tidak tebang pilih. Semua kios liar yang berada di atas zona hijau akan ditertibtan,” kata Hendri. (rna)

Respon Anda?

komentar