Masa Tenang, Calon Kades Tak Boleh Lagi Kampanye

421
Pesona Indonesia
Pilkades serentak.
Pilkades serentak.

batampos.co.id – Mulai hari ini, proses kampanye tidak diperbolehkan bagi calon Kepala Desa (Kades) sebab sudah memasuki hari tenang. Ada 101 calon kades yang akan memperebutkan 29 kursi Kepala Desa di Kabupten Karimun. Dalam tahapan Pilkades, seperti pelaksanaan Pilkada yaitu melakukan kampanye secara terbuka, monologis, maupun terbatas untuk menebar janji-janji politik selama 3 hari.

”Benar, tahapan Pilkades memasuki masa kampanye selama tiga hari. Dan kemarin, hari terakhir melakukan kampanye bagi calon Kades. Artinya, 3 hari kedepan sudah tidak ada kampanye sama sekali termasuk pemasangan baliho harus dibersihkan,” jelas Kepala Bagian Tata Pemerintahan Karimun, Dwiyandri di Tanjungbalai Karimun, kemarin (29/4).

Sedangkan, pencoblosan akan dilaksanakan pada hari Selasa (3/5) mendatang dimasing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Sementara jumlah TPS dimasing-masing desa, tidak sama dengan desa lainnya. Satu desa paling sedikit ada 4 TPS dan paling banyak 5 TPS, tergantung jumlah penduduk.

”Hingga saat ini, proses kampanye berjalan lancar. Para calon Kades, berlomba-lomba memberikan janji-janji melalui program kerja kepada masyarakat apabila terpilih,” ungkapnya.

Sementara waktu pencoblosan nanti, telah dijadwalkan mulai pukul 07.30 WIB hingga 13.00 WIB agar datang ke TPS yang telah ditentukan oleh panitia. Dan diharapkan, kepada masyarakat agar proaktif untuk memberikan hak suaranya dalam memilih calon Kades untuk membangun desanya selama enam tahun mendatang. Setiap Kades bisa ikut lagi dalam pemilihan Kades, dengan waktu 3 periode.

”Saya berharap kepada Kades terpilih nanti, harus bisa memberikan perlindungan kepada masyarakat desa, dalam mempercepat perwujudan kesejahteraan masyarakat secara keseluruhan. Sehingga, Desa tersebut nantinya benar-benar mewujudkan harapan dan tujuan, sebagaimana diamanatkan dalam UU, yakni pembangunan, pelayanan, dan pemberdayaan masyarakat,” paparnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar